News

ZAKATI, Belajar Berbagi Lewat Games

By

on

Yupz, permainan ini sekilas mirip dengan permainan monopoli. Namun, sebenarnya prinsip permainan ini sebenarnya sangat bertentangan dengan permainan yang dikenal  lebih dulu itu. Permainan ini di desain oleh Mahasiswa sebuah Universitas Negeri di Lampung.  Rasa senang bersedekah , membayar zakat, dan menumbuhkan rasa empati menjadi roh yang diharapkan masuk pada setiap anak yang memainkannya.
Ide permainan  ini sendiri berupa antithesis dari system ekonomi monopoli. Permainan ini menekankan pada system yang berlandaskan jiwa social. Uniknya, kemenangan dari permainan ini tidak hanya di ukur dari banyaknya uang yang dikumpulkan, tetapi juga diukur dari banyaknya zakat dan sedekah dari pemainnya.
Perbedaan lain dengan permainan monopoli yaitu untuk memulai permainan, pada game monopoli pemain harus melempar dadu, sedangkan pada game Zakati menggunakan tumpukkan kartu yang di dalamnya terdapat dua pilihan. Setiap kartu memiliki dua angka pilihan, pemain boleh memilih salah satu pilihan yang ada di balik kartu – kartu tersebut sebagai alat untuk melangkah ke setiap kotak. Pilihan itu mengajjarkan anak untuk berani mengambil keputusan terbaik. Seperti halnya hidup adalah pilihan.

Uniknya lagi, di balik masing – masing kartu tersebut terdapat nama surat dalam Al-Qur’an yang tanpa disadari membantu pemain untuk menghafalnya. Ada tiga mata uang yang digunakan dalam permainan ini, yaitu dinar, dolar dan rupiah.

Saat berhenti di pos pemberhentian, pemain diwajibkan membayar zakat atau sedekah yang bertujuan untuk membiasakannya di kehidupan nyata. Pemain boleh bersedekah dengan uang yang mereka punya. Semakin banyak bersedekah, maka semakin dekat dengan kemenangan. Namun pemain juga tidak boleh menyedekahkan semua uangnya. Jika itu terjadi, pemain tidak bisa lagi melangkah kekotak berikutnya. Pola permainan ini mengajarkan anak untuk tetap hidup secara seimbang. Bersedekah dan menabung menjadi kunci memenangkan permainan ini.

Pemain harus cerdas menyisihkan uang, tapi juga tidak boleh pelit untuk bersedekah. Total skor dalam permainan ini dihitung dengan menjumlahkan sisa uang di akhir permainan yang ditambah dengan dua kali jumlah uang yang disedekahkan. Rencananya, permainan ini akan dibuat versi online nya agar permainan ini lebih diminati dan lebih seru untuk dimainkan.

Komentar