Software

Windows Movie Maker, Software Untuk Mengedit Video Sederhana

on

Software untuk mengedit video saat ini semakin berkembang pesat dan semakin banyak jenisnya. Hal ini seiring dengan semakin banyaknya orang yang hobi mengedit video yang mereka miliki karena kegiatan ini memang cukup mengasyikkan namun membutuhkan keahlian untuk melakukannya.
Jika kita ingin membuat video yang berkualitas, kita harus memiliki software editing video, karena seberapa mahal dan bagus kamera yang kita miliki dan seberapa ahlipun menggunakannya, tidak akan sempurna jika kita tidak mengolahnya dengan baik. Seperti disebutkan diawal banyak sekali software editing video seperti adobe after effect, virtual dub, wax, movie storm, youtube editor dan yang paling umum dipakai adalah windows movie maker.
Windows movie maker (WMM) merupakan software video editing gratis yang dibuat oleh microsoft yang semakin berkembang dan diperbaiki versinya. Software ini dapat mengedit dan menggabungkan foto atau gambar menjadi sebuah video dan bisa juga mengkompilasi dan mengedit film dari video klip serta menambahkan efek khusus, musik maupun narasi.
Kapasitas video inipun cukup besar yaitu mampu menyimpan lebih dari 20 jam video untuk setiap Gigabyte hardisk tergantung kualitas yang digunakan. Windows movie maker ini memiliki 3 konsep dasar yang harus dipahami yaitu collection, project dan movie. Collections berisi audio, video atau gambar yang diimport kedalam WMM untuk membantu mengorganisir hasil import.
Project, merupakan susunan dan informasi waktu audio dan video, efek maupun judul yang disimpan dengan ekstensi *.wswmm. Terakhir adalah movie yang merupakan project final yang disimpan menggunakan save movie wizard.
Isi yang ada dalam WMM adalah Menu bar dan toolbar merupakan perintah pengoprasian WMM, movie task pane berisi capture, edit, finish dan movie making tips. Collections pane dan content pane berisi video effect, video transition dan collection. Bagian yang terakhir adalah monitor dan storyboard.
Software ini termasuk software yang paling mudah karena memang tidak ditujukan untuk profesional, hanya untuk editing sederhana. Tapi cukup baik untuk seseorang yang baru belajar editingkan? Demikian penjelasan penulis tentang movie maker sebagai software editing video semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca.

Komentar