kesehatan

Waspadai Kebiasaan Buruk Mencabut Bulu Hidung

By

on

Dalam tubuh kita terdapat bagian- bagian tertentu yang secara alami di tumbuhi bulu. Masing-masing dari bulu mempunyai fungsi yang berbeda yang diperlukan oleh tubuh kita, namun bagi beberapa orang tumbuhnya bulu pada tubuh membuat risih dan tidak percaya diri.

Dengan adanya bulu hidung maka jamur, bakteri, spora, atau debu sekalipun yang terhirup masuk ke dalam hidung akan terlebih dahulu terhambat dan disaring (filter), sehingga partikel-partikel ini tidak begitu saja masuk ke dlam sistem pernapasan kita yang berakhir di paru-paru dan membuangnya lewat bersin. Bulu hidung juga berfungsi untuk meningkatkan kelembapan udara pada rongga hidung.

Harus anda waspadai kebiasaan buruk mencabut bulu hidung. Boleh saja anda membersihkan kumis, bulu kaki dan bulu ketiak, namun jika kebiasaan itu terus anda lakukan maka akan dapat menimbulkan infeksi dalam rongga hidung anda. Tempat bulu hidung yang dicabut membuka luka di rongga hidung. Dari luka tersebutlah potensi infeksi akan timbul.

Bisul dapat muncul di bekas luka yang terinfeksi tersebut, kemudian efek buruk dari bekas luka tersebut itu dapat membuat anda sakit kepala hingga gangguan tidur dan apabila tidak ditangani secara cepat dan tepat, tidak menutup kemungkinan anda dapat terkena penyakit radang otak.

Bisul yang timbul dalam lubang hidung tak akan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan, penderita di sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. jangan mencoba mengobati sendiri dengan obat yang anda belum tahu.

Bagaimana jika bulu hidung dirasa sudah panjang dan tidak nyaman? Penyelesaiannya adalah anda disarankan agar anda yang terbiasa mencabut bulu hidung untuk beralih dengan cara mencukur saja dengan gunting agar tidak menglami gangguan. Gunting yang digunakan lebih kecil dibandingkan dengan gunting pada umumnya, dan perlu diperhatikan pada waktu mancukur bulu hidung jangan sampai ada potongan yang terhirup masuk ke dalam paru-paru.

Untuk menambah informasi, anak yang masih kecil pun sudah memiliki bulu hidung namun tidak sebanyak dan sebesar milik orang dewasa.

Incoming search terms:

Komentar