kesehatan

Waspada Anemia Untuk Pelajar Dan Pekerja Kantoran

on

Permasalahan kesehatan memang tidak pernah lepas karena aktivitas keseharian seseorang dalam bekerja maupun belajar. Tidak tertekan hanya karena masalah pekerjaan, justru beberapa kalangan pelajar yang terkonsentrasi karena belajar juga sering mengalami masalah kekurangan darah atau yang biasa dikenal dalam istilah kesehatan adalah anemia.

Tingkat konsentrasi yang tinggi saat belajar terkadang mempengaruhi pola makan dan gaya hidup seseorang. Terlalu fokus belajar saat menghadapi masa ujian akhir ataupun saat di tunggu deadline pekerjaan maupun tugas lainnya menyebabkan seseorang memiliki gaya hidup yang tidak setabil karena dengan adanya beban tersebut seseorang akan cenderung tidak merasa lapar karena beban pikirannya. Oleh karena itu kekurangan makanan dan cairan dalam tubuh juga akan memicu terjadinya kekurangan darah.

Salah satu cara untuk mengatasi hal ini yang paling mudah adalah dengan melakukan berbagai macam pencegahan termasuk dengan mengatur pola makan ataupun gaya hidup. Utamakan mementingkan kesehatan disela-sela kesibukan anda karena dengan mengontrol pola makan anda akan mendapatkan banyak energi dan bisa dimanfaatkan secara baik oleh tubuh dalam mensuplai tenaga yang dibutuhkan oleh otak maupun oleh organ tubuh lain dalam menyokong pekerjaan serta aktivitas harian yang berat.

Mengkonsumsi makan yang mengandung zat besi dan multivitamin lainnya juga dapat mengurangi resiko anemia. Selain aktivitas harian yang berat, anemia juga bisa saja di sebabkan karena adanya perdaraan yang disebabkan oleh luka dan penyakit kronis. Yang harus diperhatikan dari penyakit ini memang sebetulnya adalah pola makan, karena dengan pola makan yang baik dan benar untuk mengatasi masalah anemia ini adalah satu-satunya tindakan yang paling benar. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi bisa saja dari makanan seperti tempe, bayam, tahu, jambu monyet, daun ubi jalar, hati sapi, kuning telur ayam kampung dan lain-lain.

Sumber makan yang mengandung zat besi di atas merupakan beberapa contoh makanan yang dapat meningkatkan siklus regenerasi sel darah merah yang dihasilkan oleh sum-sum tulang belakang agar memproduksi sel darah atau hemoglobin yang lebih berkualitas.

Langkah-langkah terbaik untuk mengatasi anemia yang salah satunya dengan mengatur pola makan yang mengandung zat besi. Untuk hal lain apabila dirasa memiliki masalah lain yang bisa saja menjadi masalah yang komplek sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Hal tersebut sebenarnya supaya mendapatkan pemerikasaan yang lebih lanjut tengan masalah kesehatan sehingga seseorang mampu melakukan pencegahan yang terbaik.

Apabila seseorang ingin menggunakan langkah aman selain medis, pengobatan dengan ramuah herbal yang berasal dari tanaman obat asli indonesia bisa juga menjadi solusi aman mengatasi anemia. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu dipersiapkan :

  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 genggam daun bayam duri
  • Kuning ayam telur kampung
  • Madu murni 1 sendok makan

Untuk mengolah bahan tersebut, kuning telur dan madu murni di aduk jadi satu lalu diberi perasan jeruk nipis. Kemudian bayam duri di tumbuk untuk diambil sarinya dan campurkan semua bahan tadi dengan di aduk rata. Sebaiknya diminum setiap pagi selama lima hari, kemudian dapat di ulangi 2 minggu sekali. Pengulangan bisa saja melewati waktu yang disebutkan, tergantung kebutuhan dan keyakinan anda.

Apabila dirasa resep diatas masih kurang mengatasi anemia, hal lain yang bisa di siapkan adalah dengan mencari resep lain dan jangan mudah putus asa mengatasi masalahan tersebut. Keyakinan dan keinginan yang tinggi adalah faktor penting kesembuhan seseorang. Berikut ini bahan-bahan lain yang dapat digunakan :

  • 25 gram kacang panjang
  • 25 gram daun ketela pohon atau singkong
  • 25 gram daun bayam duri
  • 25 gram daun pepaya muda
  • Kelapa secukupnya
  • Garam dapur secukupnya

Rebus semua bahan tersebut sampai masak lalu dimakan setiap hari seperti nasi urap. Parut terlebih dahulu kelapa dan tambahkan sedikit garam sebagai penyedap rasanya.

Demikianlah resep tradisional secara alami untuk mengatasi masalah anemia. Jadikan semua hal tersebut adalah literatur dan berdoalah kepada Tuhan yang maha kuasa untuk kesehatan anda. Doa, ikhtiar dan keyakinan adalah modal kesembuhan segala macam penyakit. Semoga bermanfaat.

Komentar