Engineering

Wajib Mengenal Permasalahan Pada Bendik Starter

on

Pada dasarnya penggunaan starter elektrik bertujuan untuk memudahkan pengendara ketika akan menyalakan mesin motor, apalagi untuk motor-motor dengan sistem maticĀ¬ tentu starter jenis ini sangat berguna. Cara menggunakan starter tinggal menggunakan jempol saja untuk menekan tombol yang ada di setang. Permasalahan dapat timbul pada bendik starter. Ketika ditekan maka setrum pada aki akan membantu elektrik starter agar lebih mudah memutar mesin. Ketika mesin mati tiba-tiba, starter jenis ini tentu sangat dibutuhkan. Namun kasus pada mesin matic ketika mati tiba-tiba dan starter tidak berfungsi dengan baik, maka harus menggunakan kick starter dan itu terlebih dahulu harus menggunakan standar tengah supaya motor matic tidak loncat. Jadi masalah besar ketika elektrik starter ini tidak mau berfungsi dengan baik atau ngadat.
Penyebab matinya elektrik starter ini ternyata tidak mudah untuk terlacak. Banyak faktor yang dapat menyebabkannya menjadi tidak berfungsi, antara lain mulai dari dinamo starter, aki, hingga bendik starter. Jadi ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Bisa dimulai dengan cek bagian aki, yaitu pada fungsi setrumnya apakah baik atau tidak, jika aman berarti lanjut ke bagian tombol starter. Cek bagian tombol apakah berfungsi dengan berfungsi dengan baik atau tidak atau mungkin ada kabel yang tidak beres. Jika memang kedua hal ini berfungsi dengan baik, maka pemeriksaan berlanjut ke bagian bendik starter. 
Komponen bendik starter ini memang terbilang banyak menerima aliran listrik. Sehingga membuatnya menjadi memiliki beban yang cukup berat dan bisa menjadi penyebab matinya elektrik starter. Salah jenis starter ini yaitu bendik memang rentan untuk mengalami masalah karena selain banyak dialiri listrik, terminal bendik ini berbahan dasar material kuningan. Bahan kuningan ini dapat yang digunakan untuk bendik ini memang rawan terkena jamur. Alhasil ketika sudah jamuran, bisa dipastikan bahwa bendik tidak dapat berfungsi dengan baik. Untuk kasus seperti motor mogok dan tidak mau menyala, sebaiknya komponen bendik starter diganti yang baru saja. Karena jika tidak maka dapat mengganggu kenyamanan berkendara anda dan anda tidak mau bukan ketika berhenti misalnya di lampu merah, tiba-tiba motor mati dari harus dinyalakan menggunakan kick starter. 

Incoming search terms:

Komentar