kesehatan

Tumbuhan Yang Bermanfaat Untuk Mengobati Penyakit Demam Derdarah

By

on

wartasaranamedia.com – Jenis penyakit berbahaya yang harus kita hindari salah satunya yaitu penyakit demam berdarah. Penyakit ini merupakan penyakit dengan gejala demam akut yang disebabkan oleh gigtan nyamuk yang dikenal dengan Aedes Aegepty yang memasukkan virus dengue ke peredaran darah manusia.

Penyakit yang cukup mematikan ini kerap menyerang di kala musim penghujan dating, dan biasanya ditemukan di daerah beriklim tropis dan subtropis. Badan Kesehatan Dunia WHO memperkirakan bahwa dalam setiap tahunnya ada sekitar 50 hingga 100 juta kasus infeksi demam berdarah di berbagai belahan dunia.

Penyakit demam berdarah biasa diatasi menggunakan obat dari rumah sakit atau dokter, namun kita pun perlu mengetahui bahwa penyakit ini bisa diatasi menggunakan beberapa tanaman obat. Meskipun masih perlu penelitian lebih yang lebih lanjut agar tanaman obat tersebut bisa lebih efektif dan efisien digunakan oleh masyarakat luas.

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang bisa digunakan untuk mengobati demam berdarah (dan juga penyakit lainnya) :

a). Jambu Biji
Jambu biji mengandung flavonoidyang dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah dan juga mengandung vitamin C yang tinggi. Daun jambu biji mengandung tannin, minyak lemak dan minyak atsiri. Pada beberapa penelitian, daun jambu biji terbukti dapat menghambat aktifitas enzim reverse transcriptase dan virus dangue. Kandungan tannin mampu menghambat enzim reverse transcriptase maupun DNA polymerase dari virus yang berinti DNA maupun RNA.b). Pepaya Gandul
Pepaya mengandung kontinin, miosmin, glikosida, karposid, papain dan karpain, Dan jenis papaya yang paling efektif untuk mengobati demam berdarah adalah jenis papaya jantan (papaya gandul). Adapun manfaat lainnya dari daun papaya ialah untuk obat pencahar, malaria, membantu proses pencernaan,, penyakit cacingan, dan merangsang system ekskresi.

c). Temu Ireng
Temu ireng biasa digunakan untuk mempercepat pembentukan trombosit dalam darah, tentunya hal ini sangat membantu pasien dalam tahap penyembuhan. Selain itu, temu ireng dimanfaatkan untuk mengobati penyakit akibat kerusakan sel – sel hati yang biasanya terjadi pada penderita demam berdarah, mengobati luka lambung dan usus, penyakit asma, batuk, menambah nafsu makan, rematik mencegah terjadinya obesitas dan lain – lain.

d). Kunyit
Selain digunakan untuk mengobati demam berdarah, kunyit berkhasiat sebagai anti-mikroba, anti-virus HIV, antioksidan, menghambat perkembangan tumor, mengobati penyakit pencernaan, anti-invasi sel kanker dan lain – lain.

e). Meniran.
Meniran memiliki kandungan flavonoidyang dapat meningkatkan trombosit darah sehingga sangat baik sebagai obat alternative dalm mengatasi demam berdarah dengue (DBD). Selain itu meniran mengandung senyawa alkaloid, asam fenolat, triterpenoid dan tannin yang selain berguna untuk mengobati demam berdarah, rebusan daun meniran dapat dimanfaatkan untuklainnya seperti penyakit kelamin, penyakit hati, anti-diare, sariawan, panas dalam dan lain sebagainya.

Incoming search terms:

Komentar