Islam

Tujuan Pendidikan Islam Usia Dini

By

on

Pendidikan merupakan salah satu hal penting yang harus sangat ditekankan di masa saat ini karena tanpa pendidikan yang baik terhadap generasi muda maka banyak hal yang dapat mengalami kemunduran yang buruk terhadap banyak hal baik dilihat dari segi budaya, agama, moral dan lain sebagainya.
Seperti halnya pendidikan moral yang sangat perlu ditanamkan pada setiap anak dan setiap orang yang memang hal ini tidak akan mudah dipahami dalam waktu yang singkat. Interaksi terhadap sesama manusia dengan cara yang baik maka dapat membantu seseorang belajar untuk memahami orang lain sehingga hal kecil ini lah juga menjadi solusi untuk membentuk moral secara sederhana.
Berkaitan dengan pendidikan moral maka biasanya sangat erat hubungannya dengan pendidikan usia dini yang berkaitan dengan agama. Oleh karena itu pendidikan agama usia dini sangatlah perlu ditekankan mulai dari usia muda seperti saat masa kanak-kanak.
Dengan memperkenalkan pendidikan atau pengertian terhadap larangan-larangan dan perintah-perintah yang di atur oleh agama maka hal tersebut dapat membentuk moral seseorang bisa menjadi lebih baik.  Dengan terciptanya moral yang baik pada usia dini maka akan menimbulkan banyak pengaruh yang baik tidak hanya terhadap dirinya sendiri namun juga pada apa yang ada di lingkungan sekitarnya.
Tujuan pendidikan islam usia dini yang sangat utama adalah membentuk moral dan pribadi seseorang agar mendapatkan pemahaman terhadap apa yang harus di imani seseorang sehingga setiap orang dapat mencegah hal-hal yang tidak baik agar tidak dilakukan. Dengan diperkenalkannya seseorang dengan islam pada usia dini maka akan mengetahui banyak hal-hal yang harus ditanggung seseorang jika melakukan hal buruk.
Kebiasaan yang paling kecil namun membuat seseorang menjadi buruk adalah berbohong. Berbohong merupakan hal yang mungkin dianggap sepele oleh orang lain dengan alih-alih melakukan kebohongan untuk kebaikan. Hal tersebut sama saja dengan alasan berbuat jahat untuk membantu orang. Tidak ada hal baik apapun yang tercipta dari hal buruk. Membohongi orang lain hanya akan membuat dosa dan merugikan orang lain.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kebiasaan kecil untuk merubah sikap dan moral merupakan salah satu bentuk pengenalan agama islam yang memiliki aturan baik dalam kitap Al-Qur’an dan telah banyak dijelaksan di dalamnya bagaimana seseorang harus hidup. Oleh karena itu maka hal ini menjadi salah satu hal penting yang menjadi tujuan untuk memperkenalkan islam pada generasi penerus sejak usia dini.

Incoming search terms:

Komentar