Kehamilan

Tujuan Diagnosis Banding Perdarahan Pasca Persalinan Primer : Retensio Plasenta

on

Diagnosis banding perdarahan pasca persalinan merupakan salah satu diagnosis yang dilakukan oleh dokter terhadap pasiennya berdasarkan hasil pemeriksaan fisik dan laboratorium yang dialami oleh yang dialami oleh pasien. Perdarahan pasca persalinan merupakan perdarahan yang terjadi setelah seorang ibu melahirkan bayinya. Banyak kasus yang terjadi pada perdarahan pasca persalinan ini namun hanya sedikit yang tertolong akibat diagnosis yang salah dari dokter. Untuk itu, seorang dokter perlu memahami dengan betul apa yang dialami oleh pasien agar dapat mendiagnosis dengan tepat dan benar sehingga masalah yang terjadi pada pasien dapat ditangani secepat mungkin. Berikut ini akan dijelaskan mengenai kasus perdarahan pasca persalinan primer yang diakibatkan oleh retensio plasenta.
Retensio plasenta adalah belum lahirnya plasenta setengah jam setelah anak lahir. Retensio plasenta merupakan salah satu penyebab terjadinya kasus perdarahan pasca persalinan primer namun memang tidak semua retensio plasenta dapat menyebabkan kasus ini. Langkah diagnosis banding perdarahan pasca persalinan yang dapat dilakukan pada kasus ini adalah dengan pemeriksaan fisik umum dan khusus (IMT, ABC, vital sign, kelopak mata dll) serta pemeriksaan obstetric/ginekologi luar dan dalam seperti palpasi uterus, inspekulo dll. Selain itu juga diperlukan pemeriksaan laboratorium seperti CBC, kimia darah, fungsi hati, fungsi ginjal dan urinasris. Kesemua jenis pemeriksaan tersebut sangat perlu dilakukan untuk mendiagnosis retensio plasenta agar dihasilkan diagnosis banding dengan hasil yang tepat dan akurat.
Diagnosis banding dari perdarahan pasca persalinan yang diakibatkan oleh retensio plasenta digunakan untuk mencari etiologinya yaitu gejala dan tanda yang selalu ada seperti plasenta belum lahir setelah 30 menit, perdarahan segera dan uterus kontraksi baik. Selain gejala dan tanda tersebut, terkadang juga terjadi gejala dan tanda sepeti tali pusat putus akibat traksi berlebihan, inversio uteri akibat tarikan dan perdarahan lanjutan. Kesemua gejala dan tanda tersebut memang sering terjadi pada kasus perdarahan pasca persalinan primer seorang ibu. Gejala dan tanda yang diakibatkan selama terjadinya perdarahan harus dimengerti dan dipahami dengan baik agar dokter dapat menangani kasus perdarahan tersebut dengan baik. Oleh karena itu, diagnosis banding perdarahan pasca persalinan ini memang sangat penting gunanya bagi dokter untuk mendiagnosa apa yang terjadi pada pasien.

Incoming search terms:

Komentar