Kehamilan

Tips Tidur Nyenyak Saat Hamil

on

Masa-masa kehamilan adalah masa-masa yang sangat menakjubkan bagi semua wanita. Wanita akan sangat senang ketika mereka mengetahui bahwa sebentar lagi akan mendapatkan anak. Masa kehamilan adalah masa latihan bagi wanita karena banyak sekali hal yang tidak mengenakkan yang akan terjadi. Banyak juga gejala-gejala yang membuat anda lelah dan merasa kesakitan. Gejala yang sering terjadi pada ibu hamil adalah kesulitan untuk tidur. Kehamilan akan sedikit mengubah waktu tidur anda. Anda juga akan merasakan rasa mual, sering mendengkur, rasa kram di bagian kaki dan rasa tidak nyaman lainnya. Kurangnya waktu tidur menjadi salah satu hal yang banyak terjadi pada ibu hamil.
Jika ibu masih sering merokok atau minum alkohol, sebaiknya ibu segera meninggalkan kebiasaan itu karena nikotin dan juga alkohol akan sangat berbahaya bagi bayi anda. Selain itu kedua hal itu juga akan membuat ibu sulit untuk tidur. Jika ibu selalu merokok dan juga minum alkohol maka ibu akan merasa sangat lelah dan tidak nyenyak saat tidur. Selain itu, cara lain yang harus dilakukan adalah dengan mengurangi minum minuman yang mengandung kafein. Kafein akan membuat anda terjaga saat malam hari. Oleh karena itu anda harus meninggalkan kebiasaan buruk seperti minum teh, minuman bersoda, dan juga minum cokelat. Sebaiknya ibu tidak terlalu banyak minum saat sore hari menjelang malam. Ini akan membuat ibu tidak sering buang air kecil yang akhirnya membuat tidur anda menjadi terganggu.
Solusi lain yang bisa dilakukan jika ibu sulit untuk tidur adalah dengan menghindari makan terlalu banyak sebelum tidur. Namun ibu bisa makan makanan yang ringan. Makan makanan ringan akan membantu ibu untuk mengurangi rasa mual dan bangun di malam hari. Ibu sebaiknya selalu meluangkan waktu di siang hari untuk tidur siang selama 30 sampai 60 menit. Selain itu, ibu juga bisa melakukan latihan-latihan ringan yang akan membuat ibu merasa tenang dan nyaman. Beberapa olahraga ringan pada pagi hari akan membuat anda lebih segar dan mengurangi rasa mual anda.

Komentar