kesehatan

Tips Nyaman Saat Lari

By

on

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat baik untuk metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan.  Dengan berolahraga maka seseorang akan mendapatkan tubuh yang kuat sehingga akan lebih kebal dalam menahan penyakit dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga.  Oleh sebab itu olahraga sanagtlah penting diterapkan dalam selah kesibukan anda dan kehidupan anda.  Olahraga tidak akan membawa kerugian apapun apabila dilakukan dengan baik dan benar.
Dalam berolahraga selalu ada hal yang penting dilakukan dalam setiap awal kegiatan olaraga yaitu adalah pemanasan dan peregangan.  Pemansan memang baik dilakukan tapi juga tergantung pada jenis olahraga apa yang akan anda lakukan, jika olahraga yang anda lakukan benar-benar menuntut anda untuk melakukan gerakan yang berat seperti futsal misalnya, maka sebaiknya anda melakukan pemananasn yang lengkap dimulai dari peregangan dari ujung kepala sampai ujung kaki, lari sprint, skot jump dan linnya. 

Namun untuk sekala olahraga yang tidak terlalu berat seperti contohnya adalah joging atau lari-lari biasa tanpa ada hal yang dikejar selain aktivitas rutin yang anda harapkan dapat menyehatkan tubuh tentu saja hanya membutuhkan waktu singkat untuk pemansan.  Sehingga dibutuhkan hal lain yang nyaman agar lari menjadi kegiatan olahraga yang menyenangkan maka sehingga dapat mencegah berbagai macam hal seperti kram, betis sakit dan nafas yang tersengal atau ngos-ngosan. Perlu diketahui beberapa masalah tersebut sebenarnya adalah gejala awal yang sering dialami oleh seseorang yang belum lama melakukan olahraga, jadi bisa dikatakan hal tersebut adalah dampak dari kurangnya olahraga dan belum terbiasa.

Namun untuk mengetasi hal tersebut sehingga olahraga lari menjadi hal yang nyaman dan menyenangkan maka sebaiknya lakukan terlebih dahulu peregangan dari atas kepala sampai ujung kaki minimal 15 menit dengan gerakan peregangan yang mudah. Kemudian setelah peregangan terebut barulah mulai dengan berjalan kaki lebih dahulu selama kurang lebih 10 menit namun dengan irama gerakan jalan kaki yang setabil lalu kemudian baru anda berlari.  Usahakan untuk mengatur pernapasan dengan menarik dan membuang napas hanya dari hidung.  Larilah dalam jarak jangan terlalu jauh dan jangan memaksakan diri apabila memang anda sudah tidak kuat.
Lakukan rutinias lari tersebut setidaknya tiga kali selama 1minggu secara konsisten 2 minggu maka hal lari akan menjadi sangat nyaman dan rasa sakit dibetis anda tidak akan terasa lagi dengan jarak yang anda tentukan.  Agar lari lebih nyaman maka anda juga dapat mendengarkan musik dengan headset peralatan musik lainnya yang dapat anda gunakan dengan mudah.
Gunakanlah sepatu khusu running yang memiliki bagian cukup lentur dibagian bawahnya dan anda juga dapat memilihnya di toko olahraga dengan berbagai jenis model dan merek. Sepatu sangatlah memberikan kenyamanan dalam berlari.
Demikianlah hal singkat berkaitan dengan cara agar lari menjadi nyaman.  Semua hal akan nyaman selama anda dapat melakukannya secara rutin dan terus melakukannya sampai anda benar-benar tidak bisa melakukannya lagi.

Komentar