kesehatan

Ini Dia Tips Mudah Dan Ampuh Mecegah Kram Jari Kaki

on

Kejadian kecil yang sering kita abaikan namun sangat sering terjadi pada manusia yaitu kram pada jari kaki. Hal ini sering di alami sebagian besar oleh ibu-ibu karena faktor umur dan kebiasaan memakai sepatu dengan ukuran yang kurang tepat dan sepatu tipe Highkil / hak tinggi.

Kram atau otot kerjang bisa terjadi dimana saja, tak terkecuali di jari-jari kaki. Sebelum hal ini terjadi, ada bebrapa cara yang bisa dilakukan untuk memperlancar peredaran darah di jemari kaki sehingga tidak mudah mengalami kram.

Penyebab paling umum terjadinya kram di jari kaki adalah sepatu terlalu ketat dan olahraga di atas permukaan yang keras tanpa alas kaki. Ketidak seimbangan cairan dan mineral tubuh juga bisa memicu terjadinya kram otot pada jemari kaki.

Cara Mudah dan Sederhana Mengatasi Kram Jari Kaki Dalam Waktu Singkat

Dikutip dari Liverstrong, bebrapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kram pada jari kaki :

  1. Pilih sepatu yang longgar
    Sepatu yang terlalu ketat di bagian ujung membuat jari kaki sering mengalami tekanan saat melangka, apalagi saat jinjit. Akibatnya aliran darah di tempat itu kurang lancer sehingga jari mudah kram.
  2. Jauhi hak tinggi
    Kalaupun terpaksa harus mengenakan hak tinggi, sesekali lepaskanlah agar jari kaki punya kesempatan untuk istirahat. Sekalipun ukurannya longgar, bentuk sepatu hak tinggi menyebabkan jari selalu menekuk sehingga lairan darah tidak lancer.
  3. Cukupi kebutuhan mineral tubuh
    Salah satu pemicu kram pada jari kaki adalah kekurangan mineral terutama kalsium, kalium dan magnesium. Asupan minimal yang disarankan adalah 1000 mg kalsium dan 4,7 gram kalium setiap hari. Khusus magnesium, anjuran perharinya adalah 400-420 mg untuk pria dan 310-320 mg untuk wanita.
  4. Jaga keseimbangan cairan tubuh.
    Kekurangan cairan tubuh juga merupakan faktor resiko terjadinya kram otot, termasuk di jari kaki. Perbanyak minum air putih terutama saat melakukan olah raga berat dan banyak mengeluarkan keringat.
  5. Pijik atau rendam di air hangat
    Banyak cara untuk melancarkan peredaran darah di kaki, namun yang paling mudahdan nyaman untuk dilakukan adalh sering-sering memijatnya. Cara lain yang cukup menyenangkan adalah sering-sering merendam dalam air hangat.
  6. Olahraga jari kaki
    Tidak butuh peralatan khusus untuk melatih kelentuan dan kekuatan jari kaki. Cukup dengan menggerak-gerakkannya untuk mengambil handuk atau kelereng di lantai sambil berdiri misalnya, atau gerakkan saja sesuka hati sambil duduk santai menonton TV.

Komentar