Tips

Tips Menjawab Pertanyaan Gaji Dalam Wawancara Kerja

By

on

Wawancara kerja merupakan salah satu hal sering kali menjadi masalah bagi beberapa orang karena dalam setiap pertanyaan dari pewawancara memiliki jebakan masing-masing atau memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dalam setiap pertanyaannya.  Memang tidak semua pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara semuanya sulit, ada juga pertanyaan-pertanyaan yang sangat mudah di jawab.  Meskipun setiap pertanyaan tersebut mengandung pertanyaan yang mudah untuk dijawab, misalkan hanya membutuhkan jawaban “iya” atau “tidak” tapi anda tetap harus memberikan alasan dari jawban anda tersebut dan tidak boleh hanya sekedar menjawab iya atau tidak.  Berikanlah pendapat pribadi anda terkait dengan pertanyaan yang disampaikan pada anda tersebut.
Apabila sudah meningkat kepertanyaan yang lainnya atau setidaknya anda sudah dapat membuat pewawancara terkesan dengan setiap jawaban anda maka selanjutnya pasti akan berujung pada berapa bayaran yang akan anda dapatkan atau gaji yang anda minta.  Dalam setiap wawancara kerja biasanya anda akan diberikan hak untuk tawar menawar gaji sesuai dengan kemampuan yang anda miliki.  Jika kemampuan anda dirasa cukup baik untuk dibayar mahal maka mintalah gaji yang sesuai dengan apa yang anda miliki.  Namun ada juga dimana kemampuan yang anda miliki atau pendidikan yang anda tempuh cukup tinggi namun pengalaman kerja anda belum ada maka sebaiknya sesuaikan dengan hal tersebut juga.
Pertanyaan-pertanyaan tentang gaji adalah salah satu pertanyaan yang sebenarnya juga merupakan jebakan buat anda dan sangatlah sensitive.  Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari jawaban langsung yang dapat merugikan anda. 

Jika anda sudah memiliki pekerjaan dan anda belum keluar dari pekerjaan tersebut maka tentu saja nda akan mendapatkan penawaran yang tinggi.  Jadi disarankan untuk meminta gaji lebih tinggi dari pada gaji dimana anda bekerja saat ini.  Artinya, jika negosiasi anda tidak diterima karena gaji yang anda minta lebih tinggi maka anda tidak akan kehilangan apapun (nothing to lose).   Tapi jika anda tidak atau belum pernah memiliki pekerjaan sebelumnya sebaiknya jangan terlalu menuntut gaji. 
Untuk mengatasi kesalahan menjawab dari pertanyaan yang sensitiv tentang gaji ini maka sebaiknya ikuti beberapa taktik atau tips dan trik untuk menjawab pertanyaan tersebut seperti berikut ini.
Pertanyaan : berapa gaji yang anda harapkan dari perusahaan ini untuk posisi ini?
Jawaban : terus terang ini pertanyaan yang sulit bagi saya untuk menjawabnya, Pak/Ibu. Tapi saya akan memberitahu Bapak berapa gaji saya dalam pekerjaan saya sekrang.  Saat ini saya digaji 3 Juta rupiah per bulan, tidak termasuk bonus-bonus.  Saya mengharapkan gaji awal saya sekarang ini dengan kenaikan berkala berdasarkan kinerja saya.  Tapi sekali lagi, itu tergantung pada gaji standar yang sudah ditetapkan  oleh perusahaan ini bagi orang seperti saya untuk posisi ini.  Saya sangat yakin perusahaan sebesar ini memiliki gaji standar yang sudah baku untuk posisi seorang karyawan terutama karyawan dengan pengalaman yang saya miliki.
Pertanyaan : Sebagai gaji awal, berapa gaji yang anda inginkan untuk jabatan ini?
Jawaban : Terus terang ini juga pertanyaan sulit bagi  saya menjawabnya pak. Saya serahkan sepenuhnya kepada Bapak untuk memutuskan berapa gaji awal saya karena saya sangat yakin bahwa perusahaan ini memiliki gaji standar yang sudah baku untuk posisi seorang karyawan terutama karyawan baru seperti saya.
Pertanyaan : Apakah anda memiliki pendapat tambahan. Kira-kira berapa besar jumlah pendapatan tambahan anda itu? Dari mana sumbernya?
Jawaban : ya, saya memiliki pendapat sampingan sekitar 2 juta rupiah perbulan. Saya mendapatkannya dari hasil bisnis sampingan saya, yakni menjual beberapa produk dari perusahaan setempat.
Pertanyaan : Apakah anda memiliki hutang?
Jawaban : Tidak.
Pertanyaan : Kami tidak dapat memenuhi permintaan gaji anda sebesar itu.  Seberapa banyak anda bisa menurunkan permintaan anda sehingga gaji yang anda minta tercakup dalam rentang gaji yang kami sediakan untuk posisi ini?
Jawaban : Bagaimana kalau 2,5 juta per bulan?

Dengan beberapa contoh pertanyaan dan trik menjawab diatas diharapkan anda dapat memiliki gambaran tentang bagaimana cara yang baik dalam menyikapi pertanyaan tentang gaji yang ingin anda dapatkan saat interview kerja anda.  Semoga dapat membantu anda sukses dan belajar.

Incoming search terms:

Komentar