kesehatan

Tips Mencegah Keputihan

on

Keharmonisan pasangan suami istri tercipta dengan hubunga sehat yang saling memuaskan. Namun permasalahan yang sering dihadapi wanita adalah kesehatan alat kelamin yaitu datangnya masalah keputihan. Keputihan membuat bagian daerah kewanitaan tersa gatal, panas dan berbau tidak sedap. Keputihan pada wanita bisa menyebabkan stress, kelelahan kronis, gangguan keseimbangan kronis, peradangan alat kelamin.

Keputihan sangat memberikan masalah dalam berhubungan seks. Sekali lagi banyak obat untuk mengatasi keputihan. Tapi cara tepat yang sangat baik untuk dilakukan sebelum terjadi adalah mecegah hal tersebut terjadi dengan melakukan pencegahan-pencehan terhadap masalah tersebut.
Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah risiko keputihan, yaitu :
  1. Cucilah alat kelamin sebelum dan setelah berhubungan intim dengan anti septik. Baik pria maupun wanita menggunakan anti septic sesuai dengan kebutuhannya.
  2. Pastikan bagian daerah kewanitaan anda selalu bersih. Setiap buang air kecil, pastikan anda selalu mencuci dengan bersih bagian mulut vagina, dan jaga agar vagina tetap kering sehinga terbebas dari jamur.
  3. Cukurlah rambut daerah kewanitaan Anda secara rutin, paling tidak 2 kali dalam satu bulan, selain menghindari kuma yang ada di rambu kewanitaan.
  4. Sering ganti celana dalam atau pembalut apabila celana dalam terasa lembab. Bagi yang sedang menstruasi harus diperhatikan karena bakteri pada darah haid bisa menyebabkan infeksi.
  5. Pilihlah sabun pembersih wanita yang tepat yaitu sabun pembersih yang tidak mengganggu keseimbangan pH disekitar daerah kewanitaan.
Semoga bermanfaat dan dapat membantu mengatasi masalah yang bersangkutan dengan hal tersebut. Amiiiinnnn

Komentar