Tips Sehat

Tips Kapan Orang Harus Berobat ke Dokter

on

Berobat ke dokter kadang-kadang dianggap sebagai upaya terkait oleh sebagian orang. Padahal mengetahui penyakit lebih dini bisa meningkatkan peluang anda untuk sembuh. Lalu kapan sebaiknya orang berobat ke dokter?

Banyak orang tidak suka pergi ke dokter dengan berbagai alasan. Alasan yang paling umum adalah karena dokter sering membawa “kabar buruk”. Kebanyakan orang menyangkal penyakit yang didiagnosa oleh dokter karena merasa baik-baik saja, hingga akhirnya penyakit tersebut semakin memburuk dan menunjukkan gejala.

Alasan lain yaitu pergi ke dokter membutuhkan banyak waktu dan uang. Kehidupan masyarakat umumnya sangat sibuk, terutama ketika mulai bekerja. Tidak adanya waktu biasa digunakan sebagai alasan untuk tidak pergi ke dokter , yang pada akhirnya penyakit semakin memburuk dan memerlukan lebih banyak uang untuk mengobatinya.

Namun bagaimanapun, anda tetap memerlukan dokter. Kesehatan adalah hal yang palung penting dan jangan diremehkan gejala sekecil apapun.

Berikut ini adalah beberapa gejala kesehatan sederhana yang mengharuskan anda segera menghubungi dokter :

  1. Demam tinggi
    Pada umumnya demam ini membahayakan, tapi ada beberapa kondisi yang mengharuskan anda segera menghubungi dokter terutama bila suhu tubuh tinggi mendekati 40 derajat Celsius. Tapi jika anak atau bayi yang usianya lebih muda sebaiknya hubungi dokter bila suhu tubuh 38 derajat atau lebih.
  2. Demam lama
    Segera hubungi dokter bila demam anda tidak turun selama lebih dari 48 jam atau disertai dengan muntah dan diare yang berlangsung lebih dari 12 jam
  3. Batuk berlendir
    Jika demam disetai dengan batuk yang menghasilkan lendir berwarna coklat atau darah.
  4. Sakit bagian tubuh
    Jika mengalami sakit kepala yang parah, leher kaku, kelelahan dan muntah, berarti anda harus segera menghubungi dokter karena hal tersebut merupakan masalah kesehatan yang sangat mematikan.
  5. Demam tidak teratur
    Jika demam tidak teratur, datang dan pergi, kelenjar getah bening bengkak atau mengalami sakit tenggorokan, sakit telinga dan kelelaha. Hal ini juga merupakan tanda serius yang mengharuskan anda menghubungi dokter.
  6. Gangguan pencernaan
    Juga hubungi dokter bila anda merasakan sakit perut hebat, sesak napas, mual dan muntah terus menerus.
  7. Rasa terbakar saat buang air kecil
    Kekakuan atau ketidak nyamanan dan rasa terbakar saat buang air kecil juga mengharuskan anda menghubungi dokter. Segeralah menghubungi dokter bila anda mengalami gejala-gejala tersebut sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah atau bahkan permanen, terlebih lagi bila anda mengalami gejala yang lebih parah dan menyakitkan. Sebaiknya jangan ditunda dan jangan dijadikan dokter sebagai pilihan terakhir untuk kesehatan anda.

Ada baiknya juga melakukan check up rutin terutama bagi orang yang telah berusia 40 tahun untuk dapatmendeteksi penyakit bahkan sebelumnya ada keluhan atau gejala. “Pemeriksaan kesehatan rutin dan tentu dengan follow up jika ditemukan kelainan adalah salah satu upaya agar bisa selalu mengontrol kesehatan kita.

Dengan rajin check up orang tidak perlu menunggu sampai gejala timbul. Karena serangan jantung yang mematikan sebenarnya bermula dari proses yang panjang. Kadar kolesterol tinggi, kadar gula darah tinggi, asam urat tinggi, tumor kecil di paru, fatty liver, batu di kandung empedu, tumor kecil di hati atau pakreas atau polip di saluran cerna dan lain-lain awalnya tanpa gejala.

Semakin dini ditemukan semakin mudah dan tentu juga belum terjadi kompliasi. “Sekali lagi akhirnya pemeriksaan kesehatan rutin dan tentu dengan follow up jika ditemukan kelainan adalah salah satu upaya agar bisa selalu mengontrol kesehatan kita.”

Incoming search terms:

Recommended for you

Komentar