Cara Mudah Belajar

Tips Dan Cara Mudah Belajar Biologi Dengan Cepat

on

Ada beberapa tips dan cara mudah belajar yang efektif yang bisa kita terapkan. Belajar pada hakikatnya tidak hanya membaca dan menghafal saja, tapi juga memahami dan menyerap materi yang dipelajari. Namun, mayoritas orang menganggap bahwa belajar merupakan proses membaca dan menghafal saja. Menghafal memang salah satu bagian dari belajar, tapi belajar dengan hanya menghafal saja biasanya akan cepat lupa atau pudar dari ingatan.

Dalam mata pelajaran biologi, kebanyakan materi yang ada harus dihafal. Seperti nama-nama latin, spesies, urutan siklus makhluk hidup, cara berkembang biak makhluk hidup dan lain sebagainya. Semua itu harus dihafal di luar kepala dan dipahami baik-baik.

Untuk dapat mempelajari biologi dengan mudah, seseorang harus menumbuhkan rasa senang terhadap mata pelajaran tersebut. Karena, jika kita sudah memiliki rasa senang yang tertanam pada diri kita sendiri, maka rasa ingin mempelajari biologi dengan sungguh-sungguh akan otomatis muncul.

Selain itu, kita juga harus menanamkan bahwa membaca buku-buku biologi merupakan hal yang menyenangkan. Jika kita mendapati istilah-istilah atau pengertian-pengertian yang membingungkan, kita harus segera mencari tahu dan menyelesaikan kesulitan tersebut.

Mempelajari biologi juga harus membaca buku yang tengah dibaca hingga tuntas meskipun yang dapat kita serap hanya 50 hingga 70 persen saja atau mungkin di bawah itu. Setelah membaca buku biologi sampai tuntas, kita bisa mengulangi lagi dengan pendalaman di masing-masing bab.

Cara mudah belajar biologi yang selanjutnya adalah menghafal apa yang sudah kita pahami. Bagi sebagian orang, menghafal mungkin merupakan sesuatu yang sulit dilakukan. Menghafal di sini tidak berarti harus persis sama. Yang harus kita hafal hanya istilah-istilah, nama-nama latin, dan urutan-urutan yang benar saja. Karena, nama, istilah, dan urutan tidak bisa dibolak balik atau dikarang sendiri.

Lain halnya dengan penjelasan, penjelasan dari suatu istilah dapat kita tulis dengan menggunakan bahasa sendiri berdasarkan pemahaman kita. Bagi orang-orang yang sulit dalam menghafal, kita dapat menggunakan jembatan keledai atau metode penghafalan dengan cara mengakronimkan nama, istilah, dan urutan yang akan dihafal.

Pada intinya untuk menghafal atau mudah dan cepat memahami mata pelajaran biologi khusunya, dibutuhkan sikap maupun tindakan yang reflektif terhadap lingkungan, karena di sekeliling manusia sebagian besar adalah hal yang biologis. Mulai dari tanaman yang ada dibumi sampai matahari yang ada dilangit, semuanya adalah hal-hal pemacu terjadinya peristiwa biologi. Kagumi hal-hal kecil itu, mudah-mudahan biologi melekat di fikiran kalian dengan cepat.

Incoming search terms:

Komentar