Cara Memperbaiki Mesin

Tips Dan Cara Memperbaiki Mesin Vespa Yang Sering Mogok

on

Motor vespa yang tua sering kali membuat kesal pengendaranya karena sering mogok dan rusak. Vespa yang mogok sebenarnya merupakan hal wajar mengingat motor vespa adalah motor lama yang sekarag sudah tidak diproduksi lagi baik motor maupun spare partnya. Akan tetapi, meskipun identik dengan rusak dan mogok, tetap saja ada orang-orang yang tidak bisa melepas kecintaannya terhadap motor antik ini.

Merawat motor vespa dapat dikatakan gampang-gampang susah. Jika kita terbiasa dan paham betul bagaimana merawat motor vespa tua, motor vespa tua tersebut akan tetap memiliki perfoma yang baik, dan apabila terjadi mogok atau rusak, kerusakan-kerusakan yang kerap terjadi akan mudah kita perbaiki.

Ada trik dan tips tersendiri tentang bagaimana cara memperbaiki mesin dan merawat motor vespa yang sudah renta. Kerusakan yang paling sering terjadi pada motor vespa adalah busi. Busi vespa seringkali rusak ketika kita tengah berada di dalam perjalanan.

Untuk mengatasi busi rusak ini, kita hanya perlu mencopot busi dari motor, kemudian pasang kembali busi motor. Jika itu tidak berhasil menghidupkan kembali motor vespa yang mogok, jalan satu-satunya adalah melepas kembali busi motor, lalu lap dengan kain kering dan pecahkan beling atau kaca busi. Memecahkan beling busi motor dapat menghidupkan kembali motor vespa anda. Akan tetapi, busi yang sudah dipecahkan belingnya harus segera ada ganti ketika anda menemui bengkel terdekat.

Sebenarnya memecahkan beling tidak ada jaminannya busi bisa hidup lagi 100%, namun cara ini merupakan salah satu cara alternatif yang bisa dilakukan dengan catatan terjadi pada kondisi yang tidak memungkinkan dan siap menerima resiko apapun. Dampak resiko ini bisa saja berimbas pada elektrim motor dan juga keselamatan. Busi bisa saja justru rusak 100%.

Cara memperbaiki mesin vespa mogok yang disebabkan dari busi rusak dan kerap membuat kita kesal memang bukan merupakan sesuatu yang mudah. Busi motor yang tidak terawat dengan baik akan membuat lapisan isolator ditutupi oleh kerak yang dihasilkan dari pembakaran yang terjadi di luar blok mesin.

Selain itu, mesin vespa yang mudah mati bisa juga dikarenakan adanya masalah pengapian mesin yang kurang maksimal. Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan pengecekan koil, platina dan kondesor. Mengganti koil versi bajakan dengan koil yang asli akan membantu anda memperbaiki mesin motor vespa yang mudah mogok dan rusak.

Incoming search terms:

Recommended for you

Komentar