Cara Memperbaiki Mesin

Tips dan cara Memperbaiki Mesin Motor Injeksi

on

Jika anda adalah penggemar sepeda motor, anda tentu paham dengan motor bertenaga 125 cc, bukan? Pasti anda mengenal salah satu produk keluaran pabrikan kenamaan yaitu yang memproduksi motor bertenaga 125 cc. Pada awalnya, Honda menggunakan sistem karbu pada mesin motor jenis ini namun seiring dengan perkembangan teknologi dan persaingan pasar yang kian ketat Honda akhirnya merilis sebuah motor dengan sistem injeksi 125 cc.

Saat perilisannya, jenis motor ini memang mendapatkan simpati yang khusus dari para pecinta motor karena disinyalir bahwa jenis motor tersebut adalah motor bebek pertama di Indonesia yang menggunakan sistem injeksi. Motor dengan sistem injeksi ini memang memiliki keunggulan diantaranya adalah irit bahan bakar dan ramah lingkungan karena sistem kerja mesin injeksi yang terdapat dalam mesin motor tersebut memang di desain sedemikian rupa untuk memberikan beberapa kelebihan tersebut kepada penggunanya.

Cara memperbaiki mesin motor injeksi memang tidak mudah karena mesin motor ini menggunakan teknologi yang tinggi sehingga terkadang montir biasa sulit untuk mengatasi masalah pada mesin tersebut. Motor injeksi yang bermasalah baiknya memang dibawa ke bengkel resmi karena dalam bengkel tersebut terdapat alat-alat yang memadai untuk memperbaiki sistem mesin injeksi.

Salah satu masalah yang terkadang muncul pada motor injeksi adalah mesin motor yang tiba-tiba mati dan kondisi gas yang tidak stabil saat digunakan untuk berkendara. Masalah ini memang banyak dialami oleh pengguna motor injeksi terutama motor 125 cc ini. Masalah tersebut timbul diduga keran terjadinya penyumbatan pada bagian mesin terutama pada bagian filter injektor, injektor dan filter mesin. Penyumbatan ini terjadi akibat adanya penumpukan kotoran pada mesin sehingga menyebabkan aliran bensin ke ruang bahan bakar menjadi tidak lancar.

Cara memperbaiki mesin yang memiliki kasus ini adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian-bagian mesin tersebut. Bukalah mesin motor dan cek bagian tersebut jika benar terdapat kotoran pada bagian-bagian tersebut maka kotoran tersebut harus dibuang. Pembuangan kotoran ini harus dilakukan dengan hati-hati karena tindakan yang salah justru akan merusak mesin motor.

Hal ini disebabkan mesin motor mesin injeksi memiliki bagian-bagian tertentu yang memang sangat sensitif sehingga jika tidak dilakukan dengan hati-hati maka dapat merusak mesin. Bersihkan bagian mesin yang bermasalah tersebut dengan menggunakan bensin dan injektor cleaner yaitu dengan cara disemprotkan atau dengan mengguncang-guncangkan mesin dengan cairan tersbut hingga kotoran yang mengganggu mesin dapat dikeluarkan. Jika kotoran sudah keluar dari mesin maka pasang kembali rangkaian mesin tersebut dan masalah mesin injeksi motor ini pun teratasi.

Incoming search terms:

Recommended for you

Komentar