Ikan

Tips Cara Memijahkan Ikan Lele Dengan Tepat

on

Seekor ikan yang identik dikenal dengan kumis panjangnya dan sering dijadikan lauk untuk makan lalapan atau pecel, lele namanya. Ikan lele juga seringkali dipelihara dengan 2 tujuan, ada yang memelihara lele dengan tujuan untuk pembersihan “spiteng”, ada juga yang menggunakan lele sebagai penghias di kolam dengan dalih ketika sudah besar bisa disantap dengan bakar-bakar bersama para kerabat.

Ternyata, meskipun lele terus memakan kotoran-kotoran makhluk hidup akan tetapi ikan lele memiliki nilai protein yang tinggi. Terlepas dari lele itu seperti apa, banyak orang yang masih belum mengerti cara memijahkan ikan lele dengan baik dan benar. Akibatnya, lele menjadi mati dan lain sebagainya.

Pemijahan ikan itu adalah cara untuk menyatukan induk jantan dan induk betina yang kelaminnya sudah matang untuk disatukan kedalam kolam, tapi dengan catatan agar lebih efektif alangkah lebih baiknya jika anda membuat kolam tersebut milik mereka berdua (yang ingin dipijahkan).

Oleh karena itu cara memijahkan ikan lele dengan efektif itu yaitu anda harus mempersiapkan segala sesuatunya. Pertama, anda siapkan bak atau ember besar yang berisikan air. Ember/bak besar yang berisikan air ini berfungsi untuk memindahkan ikan-ikan yang ada kolam ke dalam wadah besar tersebut. Kedua, anda persiapkan kolamnya.

Setelah semua ikan yang ada di kolam sudah dimasukan kedalam wadah besar yang berisikan air, maka anda perlu membersihkannya hingga bersih. Kemudian kolamnya anda berikan hiasan-hiasan yang menarik perhatian induk betina dan jantan untuk proses berhubungan. Anda juga harus memperhatikan takaran air dan berilah bahan pembuat sarang agar pemijahan bisa terjadi lebih cepat. Buatlah kolam sepanjang 2-4 meter dan lebar 2-3 meter dengan tingkat kedalaman minimal 1 meter.

Ada beberapa jenis cara pengembangbiakan lele yaitu diantaranya secara alami, penyuntikan hipofisa, penyuntikan hormon perangsang, dan vitro. Namun yang paling tidak beresiko adalah dengan cara alami. Jadi, cara memijahkan ikan lele secara alami itu seperti memilih induk betina dan induk jantan yang memiliki bobot sama.

Incoming search terms:

Komentar