kesehatan

Tindakan Asuhan Kebidanan pada Ibu Nifas Normal yang Umum Dilakukan

on

Asuhan kebidanan pada ibu nifas normal merupakan salah satu tindakan yang dilakukan setelah ibu melahirkan. Nifas adalah masa yang diperlukan untuk pulihnya alat kandungan atau genetalia pada keadaan normal setelah proses kehamilan. Masa nifas atau masa puerpenum terjadi setelah partus selesai dan berakhir setelah kira-kira 6 minggu atau 42 hari. Akan tetapi, seluruh alat genetalia akan pulih kembali seperti sebelum kehamilan dalam kurun waktu 3 bulan. Pada saat nifas, alat genetalia internal maupun eksternal akan berangsur-angsur pulih kembali seperti keadaan sebelum hamil. Perubahan-perubahan alat genetalia ini dalam keseluruhannya disebut involusi. 
Ada 4 tahapan dalam masa nifas yang terdiri dari tahap I yaitu masa nifas 6-8 jam setelah persalinan, Tahap II yaitu masa nifas setelah 6 hari persalinan, Tahap III yaitu masa nifas 2 minggu setelah persalinan dan Tahap IV yaitu masa nifas 6 minggu setelah persalinan.
Selama masa nifas maka akan terjadi beberapa perubahan-perubahan fisiologis seperti perubahan pada sistem kardiovaskuler, perubahan pada alat kandungan (uterus, bekas implantasi urin dan luka-luka), perubahan pada sistem muskuloskelerai yang umumnya terjadi pada tulang atau otak dalam tubuh dan perubahan tanda-tanda vital seperti suhu, nadi, tekanan darah dan respirasi. Masa nifas dimulai setelah melahirkan plasenta berakhir ketika alat-alat kandungan berakhir seperti keadaan sebelum hamil. 
Asuhan kebidanan pada ibu nifas normal diperlukan pada periode ini  karena merupakan masa kritis baik bagi ibu maupun bayinya. Diperkirakan bahwa terjadi kasus sebanyak 60 % kematian ibu disebabkan oleh kehamilan yang terjadi setelah persalinan dan 50 % kasus kematian terjadi pada masa nifas dalam 24 jam pertama. 
Berdasarkan kasus yang telah disebutkan diatas, asuhan kebidanan pada ibu nifas normal sangat diperlukan diantaranya dengan memberikan bimbingan pasien untuk keluar dari tempat tidur dan berjalan, memberikan nasehat untuk mengkonsumsi makanan bergizi dengan cakupan kalori, protein, sayuran dan buah-buahan yang banyak sehingga dapat memulihkan tenaga, melakukan perawatan payudara, melakukan pemeriksaan pasca persalinan dan menganjurkan untuk melakukan senam nifas. Kesemua asuhan kebidanan pada ibu nifas normal tersebut perlu dilakukan bagi ibu yang sedang mengalami masa nifas agar kesehatan ibu dan anaknya dapat terjaga dengan baik.
Baca juga mengenai :

Komentar