Engineering

Teknik Pengecoran Logam Yang Baik Dan Sempurna

on

Teknik Pengecoran – Pengecoran merupakan salah proses pembuatan produk menggunakan logam cair dan cetakan. Teknik produksi semacam ini banyak dipakai dalam beberapa industri kecil sampai ke industri besar sejak dahulu. Pembuatan pola menggunakan cetakan atau pasir cetak agar hasil dari cetakan tersebut menyerupai bentuk dasar dari benda aslinya merupakan cara tercepat, mudah dan murah dan efisien.

Dengan teknik seperti ini, pembuatan produk berukuran kecil sampai besar dapat dilakukan dengan mudah. Kali ini saya akan memberikan informasi tentang pengertian pengecoran logam, lalu tentang teknik pengecoran yang sesuai dengan SOP. Karena jika salah atau kurang tepat pada saat pengecoran maka akan mengakibatkan hasil coran yang kurang bagus atau malah lebih buruk dari yang diharapkan.

Pada saat melakukan penuangan cairan alumunium yang sudah di lelehkan ke dalam cetakan. Bentuk benda yang ingin di cetak harus disesuaikan dengan benda aslinya, sebelum melakukan pengecoran harus sudah menyiapkan cetakan.

Pada proses pengecoran, logam cair yang digunakan adalah aluminium karena sifat fluiditas yang baik, ketahanan terahadap korosi baik, densitasnya yang rendah dan mudah dibentuk. Hal ini membuat industri-industri terutama otomotif banyak menggunakannya untuk membuat part atau bagian-bagian mesin karena sifatnya yang ringan sehingga dapat mengurangi konsumsi bahan bakar.

Alumunium mempunyai titik leleh pada suhu 600 derajat celcius, jadi tempat untuk peleburan logam alumunium bisa menggunakan material berjenis baja. Baja sendiri mempunyai titik leleh yang jauh lebih tinggi di bandingkan dengan alumunium, jadi sangat baik untuk dijadikan tempat pelelehan.

Paduan logam lainnya juga dapat digunakan untuk membuat produk dengan teknik tersebut untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan. Beberapa contoh hasil produk pengecoran seperti asbak aluminium, piston motor, kunci dan peralatan dapur juga banyak yang terbuat dari aluminium.

Demikian artikel informasi dari saya yang berjudul proses pengecoran pada logam alumunium. Jangan lewatkan artikel artikel menarik dari saya yang lainnya. Terimakasih sudah membaca artikell saya. Semoga bermanfaat

Incoming search terms:

Komentar