Engineering

Teknik Mengatasi Masalah Motor Elektrik pada Kipas Angin

on

Bagi anda yang memiliki sebuah kipas angin namun tidak dapat difungsikan maka anda tidak perlu khawatir karena jika anda dapat melakukan beberapa langkah yang akan dijelaskan pada artikel mengenai teknik mengatasi masalah motor elektrik pada kipas angin ini maka kipas angin anda dapat difungsikan kembali. Jika anda dapat memperbaiki masalah pada kipas angin ini dengan tangan anda sendiri maka anda akan dapat menghemat pengeluaran anda karena untuk membayarkan jasa servis kipas angin tidaklah murah. Teknik memperbaiki kipas angin yang rusak yang akan dijelaskan berikut ini dapat anda lakukan di rumah walaupun anda orang awam sekalipun yang memang tidak pernah mengotak-atik barang sejenis ini.
Masalah kipas angin yang tidak mau menyala adalah salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh para pengguna kipas angin. Penyebab utama yang bisa menimbulkan masalah pelik pada kipas angin tersebut dapat disebabkan oleh adanya kerusakan pada bagian motor elektriknya. Sebelum anda memperbaiki bagian tersebut dengan teknik mengatasi masalah motor elektrik maka ada baiknya jika anda mengecek bagian tersebut secara seksama sehingga anda mengetahui kerusakan apa yang terjadi pada bagian tersebut sehingga kipas angin tidak dapat difungsikan. Jika terdapat masalah pada bagian transmisi roda gigi yang tidak dapat berjalan atau macet maka anda dapat melumasinya hingga roda gigi tersebut dapat jalan dengan lancar dan kipas angin anda pun dapat difungsikan kembali. 
Sebelum anda melumasi ada baiknya jika anda membersihkan bagian roda gigi tersebut dengan kuas agar kotoran yang menempel dapat dihilangkan dan pelumas yang anda gunakan dapat melumasi roda gigi tersebut dengan baik. Jika terdapat masalah pada bagian kapasitor motor elektrik maka anda perlu mengeceknya terlebih dahulu apakah kapasitor tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak. Caranya adalah dengan menghubungkan kapasitor tersebut dengan AVO meter dan jika terjadi penyimpangan maka dapat dipastikan kapasitor tersebut mengalami gangguan. Anda perlu mengganti kapasitor tersebut dengan yang baru sehingga masalah pada kipas angin anda dapat diatasi. Lakukanlah kedua teknik mengatasi masalah motor elektrik di atas dan jika kipas angin anda masih saja belum dapat difungsikan maka anda terpaksa harus membawanya ke tukang servis kipas angin.

Incoming search terms:

Komentar