Gadget News

Sony Lepas Hak Milik VAIO

on

Siapa yang tidak mengenal sebuah produk komputer asal Jepang yang diberi merek VAIO atau Video Audio Integrated Operation & Video Audio Intellegent Organizer. Sebuah komputer yang sangat eksklusif dan mungkin sangat di ingin kan setiap orang karena merupakan sebuah produk yang menjadi properti untuk para eksekutif muda dan pebisnis.

Ternyata perusahaan dimana produk tersebut diciptakan akhirnya memutuskan untuk menjual lisensi produk tersebut kepada sebuah perusahaan investasi Japan Induatrial Partners (JIP) yang diperkirakan akan menyelesaikan proses administrasi penyerahan hak miliknya kepada Japan Industrial Partnert (JIP) pada bulan depan tahun ini yaitu Maret 2014.

Belum cukup informasi jelas yang di dapatkan dari berbagai media surat kabar sehubungan dengan nilai yang dikelurkan JIP untuk mengambila alih produk tersebut. Namun menurut harian Nikkei, Japan Industrial Partner (JIP) membutukan budget yang cukup besar untuk hal ini, diperkirakan nilai tukar tersebut mencapai 490 juta dollar AS.

Berdasarkan dari perjanjian yang disepakati kedua belah pihak Sony masih memiliki sahan sebesar 5 persen dalam bisnis tersebut karena JIP masih membutuhkan bantuan dari sony untuk mengembangkan bisnis itu menjadi sebuah bisnis yang diharapkab JIP dapat melebar ke bisnis internsional.

Melihat dari hal tersebut, Sony tentunya akan melakukan pengurangan tenaga kerjanya yang sudah di tentukan sebesar 5000 tenaga lerja akan dikurangi secara struktural sampai akhir tahun 2014. Tindakan pengurangan ini mengambil 1500 tenaga kerja asal Jepang yang akan dileluarkan dan 3500 lainnya dari Sony Global. Hal ini dilakukan perusahaan ini untuk mengurangi biaya produksi tahun ini sebesar 100 milyar yen yang di kutip dari harian Reuter pada kamis lalu bulan ini. Sedangkan dalam pengembangan bisnisnya Japan Industrial Partners (JIP) akan merekrut karyawan dari perusahaan lamanya sekitar 300 karyawan untuk membantu mengembangkan produknya tersebut.

Dengan berpindahnya bisnis tersebut dari genggaman Sony, maka strategi bisnis barunya akan memfokuskan ekspansinya dalam dunia mobile smart phone yang mengusung sistem Android seperti dalam prodaknya yaitu Xperia. Sony berharap strategi bisnis barunya akan membawa kemajuan perusahaannya dalam menjadi kompetitor dunia mobile yang saat ini semakin berkembang.m prodaknya yaitu Xperia. Sony berharap strategi bisnis barunya akan membawa kemajuan perusahaannya dalam menjadi kompetitor dunia mobile yang saat ini semakin berkembang.

Komentar