Motor

“Sikembar” Dari Honda, Namun Karakteristiknya Berbeda

on

PT Astra Honda Motor (AHM) telah menggempur pasar motor Indonesia dengan meluncurkan ‘’Sikembar” Honda yakni adalah Honda Sonic 150R dan Honda CB150R StreetFire. Motor dari Honda dikatakan Sikembar karena kedua jenis motor ini memiliki kapasitas mesin yang sama. Duet sepeda motor sport itu, dikembangkan dengan emmiliki kapasitas mesin yang sama yakni adalah mesin yang berkapasitas 150 cc. tetapi anda jangan salah sangka dulu mengenai dua motor terbaru Honda ini. Sikembar dari Honda ini ternyata memiliki karakteristik yang berbeda. Anda penasaran dengan kedua motor tersebut?. Berikut kami akan membahas kedua motor tersebut.

Honda Sonic 150R dan Honda CB150R itu memang memiliki kapasitas mesin yang sama yakni 150 cc. tetapi jika kita lihat dari segi perfoma CB150R versi baru ini jelas memiliki tenaga yang lebih bertenaga. Dan keduanya pun di peruntunkkan bagi kelas yang berbeda. Pantas saja karakteristiknya berbeda.

Mewakili nama perusahaan seorang Senior Manager Astra Honda Training Center memberikan penjelasan kepada para awak media, pada pelatihan singkat. Ia menjelaskan bahwa dalam pelatihan ini Honda memang memiliki beberapa varian model yang menggunakan kapasitas mesin yang sama, Tetapi karakternya tetap berbeda. Maka para konsumen pun bisa memiliki opsesi untuk di pilih.

Handy Hariko selaku Senior Manager Astra Honda Training Center mengatakan bahwa setiap produk itu dibuat dengan karakteristik yang berbeda dan masing-masing motor tersebut. Pasalnya motor tersebut di seting secara elektronik, dan setiap model pun memiliki karakteristik yang berbeda.

Selain dengan memiliki kapasitas mesin yang sama yakni 150 cc, ternyata masih ada lagi tentang spesifikasi mesin lain yang sama pada motor Honda Sonic 150R dan Honda CB150R StreetFire, diantaranya adalah kubikasi mesin yang sama yakni 149,16 cc, dan Rasio Kompresinya pun juga sama yakni 11,3:1. Namun sekali lagi untuk perfomanya tetap akan berbeda.

Membahas soal karakteristik motor biasanya terdapat perbedaan yang begitu signifikan, namun berbeda dengan motor jma sekarang dengan motor jaman dahulu. Pada motor jaman dulu mesinnya masih mengandalkan karburator. Sedangkan saat sepeda motor menggunakan karburator serta mesinnya sama pastinya akan miliki karakteristik yang hampir sama. Hal tersebut sangat jelas dengan motor masa kini yang sudah menggunakan teknologi full injection. Untuk jenis mesin ini bisa di atur settingannya., sehingga meskipun spesifikasi mesinnya sama tetapi setingannya berbeda akan sangat menentukan perfomanya. Hal tersebut sudah terbukti nyata pada motor Honda CB150R dan Honda Sonic 150R.

Incoming search terms:

Recommended for you

Komentar