Engineering

Sekilas Pengertian Turbin dan Bagian-bagiannya

on

Pengertian turbin ialah mesin berputar untuk menghasilkan energi dengan bantuan fluida. fluida di sini mempunyai peran sebagai sumber energi yang menggerakan turbin. Fluida tersebut berupa air, angin, dan gas. Turbin akan berputar saat dialiri fluida. Perputaran tersebut merubah sumber energi atau fluida menjadi energi mekanik. Energi mekanik tersebut akan diproses oleh generator. Generator memang berdiri sendiri atau bukan merupakan bagian dari turbin tetapi keduanya harus tersambung. Hasilnya, energi mekanik akan berubah menjadi energi listrik. Energi listrik inilah hasil akhir dari turbin.

Bukan hanya generator tetapi ada bagian-bagian lain dari turbin. Bagian-bagian tersebut antara lain yaitu sudu pengarah yang mengatur besar kecilnya kapasitas dari aliran fluida yang masuk. Poros turbin bagian ini ditumpu oleh bantalan axia dan radial. Runner turbin yang berfungsi sebagai tempat perubahan energi pada fluida menjadi energi mekanik. Bagian ini dapat ditemukan di poros turbin. Runner turbin disebut juga roda turbin atau rotor. Dengan kata lain Rotor merupakan bagian turbin yang bergerak. Rumah turbin, bagian ini berperan mengalirkan aliran ke sudu pengarah.

Rumah turbin merupakan bagian yang tidak bisa bergerak atau berputar, maka disebut stator. Bagian lainnya yaitu pipa hisap. Pipa ini berfungsi mengalirkan aliran fluida keluar dari turbin. Energi listrik yang dihasilkan oleh turbin tersebut dapat digunakan sebagai pengganti pasokan listrik yang selama ini mengandalkan PLN. Besar kecilnya energi yang dihasilkan turbin tergantung pada kapasitas turbin itu sendiri.

Turbin memang relatif mahal tetapi turbin dapat dibuat menggunakan bahan-bahan sederhana. Semua jenis turbin dapat dibuat dengan menggunakan bahan sederhana yang ada di lingkungan. Contohnya saja pada turbin angin. Turbin angin sederhana bisa dibuat dengan step motor, 3 tiang, dan 4 buah botol berukuran besar. Caranya, sambungkan tiang pertama ke step. Gabungkan tiang lainnya menyilang atau membentuk tanda +. Potong botol dan hanya diambil bagian atasnya saja. Pasang tiap-tiap ujung tiang dengan satu bagian botol saja. Turbin sederhana siap digunakan.

Incoming search terms:

Komentar