Batu Akik

Safir, Si Cantik Batu Permata

on

Batu permata atau gamstone merupakan batu yang sangat berharga karena tersusun atas mineral dan terbentuk akibat dari proses geologi. Saat ini, batu-batu permata itu biasanya dijadikan aksesoris berupa kalung, liontin, bros ataupun cincin.
Tidak semua daerah bisa menghasilkan batu permata, bahkan di Indonesia saja hanya terdapat di Kalimantan, Banten dan Lampung. Setiap daerah menghasilkan permata yang berbeda baik dari segi warna, nama maupun dari segi kekerasannya yang diukur dengan skala mohs.
Permata yang beredar umumnya berbentuk kristal. Salah satu permata yang banyak diminati terutama di Indonesia adalah safir.
Batu safir merupakan permata yang berharga dan banyak diminati dan memiliki harga yang mahal. Safir asli merupakan kelompok mineral korundum dan dari segi kekerasannya berada di peringkat kedua setelah berlian.
Batu safir ini memiliki banyak variasi warna seperti biru, ungu, kehijauan, jingga, kuning dan merah muda dan yang paling berharga adalah yang berwarna biru, blue safir. Safir dapat memantulkan seperti cermin. Bentuk safir umumnya adalah masif dan butiran trigonal.
Tingkat kekerasannya 9,0 mohr dengan berat jenis 3,95-4,03. Kilauan cahaya dari batu safir serta warnanya yang indah memberikan kemawahan tersendiri pada batu ini. Penggunaan safir saat ini umumnya terdapat pada cincin dan kalung.
Salah satu jenis safir yang diminati adalah safir ceylon. Safir yang paling berharga memiliki warna yang kuat dan indah, biru cornflower, ukurannya besar dan lebih dari 3 karat dan tingkat kejernihannya tinggi.
Harganya pun bervariasi tergantung kualitasnya. Kualitas terendah dengan warna terlalu gelap bisa dibeli dengan harga $50 yaitu sekitar Rp. 600.000 dan kualitas tertinggi yang memiliki warna terang cornflower dan jarang ditemui bisa mencapai riburan dolar. Bagi pecinta permata, mereka pasti rela mengeluarkan uangnya untuk dapat memiliki batu yang sangat indah ini, karena selain dari segi prestise, batu ini juga memiliki warna dan kilauan yang menenangkan.
Demikian penjelasan dari penulis tentang ‘Safir, batu permata kualitas tinggi’. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua.

Komentar