Food

Resepi Ikan Salmon Masak Asam Pedas Khas Pontianak

on

Resepi ikan salmon masak pedas khas Pontianak yang lezat bisa anda olah di dapur anda sendiri. Di Pontianak, bagian dari ikan salmon yang sering dimasak adalah kepala ikan. Kepala ikan salmon ini dimasak menggunakan bumbu gulai asam pedas khas Pontianak. Gulai asam pedas ini selanjutnya sangat cocok jika disajikan bersama lontong atau ketupat. Berikut adalah resep gulai kepala ikan salmon asam pedas untuk anda.
Bahan-bahannya adalah satu kepala ikan salmon, satu buah nanas matang, I butir bawang Bombay, 2 siung bawang putih, 1 sendok makan cabai kering, ½ sendok the kunyit, 2 batang serai, asam jawa secukupnya, 2 lembar daun bay, 3 lembar daun jeruk purut, air mineral sebanyak 1 liter, minyak goreng secukupnya, dan asam jawa secukupnya. Bahan-bahan ini bisa anda dapatkan dengan mudah di pasar tradisional maupun supermarket yang terdekat di rumah anda.
Cara memasaknya yang pertama adalah membuat bumbu halus, Silahkan haluskan bawang putih dan bawang Bombay.
Setelah itu, panaskan minyak, kemudian tumislah bumbu halus bawang putih dan bawang Bombay tadi.
Kemudian campur dengan batang serai, daun bay, daun jeruk purut. Masak sampai layu agar mengeluarkan aroma yang sedap.
Kemudian tambahkan cabe kering ke dalam tumisan agar semakin pedas. Jika tidak ada cabe kering, anda bisa memasukkan cabe uleg sesuai dengan selera anda. Kemudian masukkan kepala ikan, dan tambahkan air lalu masak hingga mendidih.
Yang terakhir adalah silahkan masukkan potongan buah nanas yang sudah dicuci bersih. Campurkan dengan air asam jawa, tambahkan sedikit garam dan gula secukupnya, lalu masaklah sampai semua bumbu meresap ke dalam kepala ikan.
Nah, setelah matang, segera sajikan gulai ikan salmon masak asam pedas khas Pontianak ini selagi masih hangat. Sajikan bersama lontong agar lebih nikmat. Jika tidak menyukai lontong, anda bisa menyajikan gulai kepala ikan salmon ini dengan nasi rojolele yang pulen, dan dijamin akan menjadi sangat lezat. Nah, sekian resep Gulai kepala ikan salmon masak asam pedas.

Incoming search terms:

Komentar