kesehatan

Referensi Ilmu Anestesi Secara Umum

on

Anestesi merupakan suatu rangkaian tindakan untuk menghilangkan rasa sakit saat dilakukan pembedahan atau prosedur lain yang dapat menyebabkan rasa sakit pada tubuh. Anestesi ini ada dalam anestesiologi yang merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran. Berikut referensi ilmu anestesi secara umum. 
Anestesi dipelajari dalam bidang ilmu kedokteran melalui salah satu cabangnya, yaitu Anestesiologi. Didalamnya mempelajari tentang pengelolaan rasa nyeri dalam proses pembedahan, pengelolaan terapi nyeri pada pasien saat tidak sadar dengan apapun penyebabnya, tentang pengelolaan rasa nyeri, resusitasi jantung dan paru, melakukan terapi khusus untuk inhalasi, pengelolaan tentang gangguan cairan, elektrolit, dan metabolik tubuh. Sebagai sedikit referensi ilmu anestesi secara umum, kita akan membahas tentang anestesi. Apa itu anestesi? Anestesi sendiri berasal dari bahasa Yunani, “An” berarti “tidak” atau “tanpa”, dan “aethetos” yang berarti “persepsi” atau “kemampuan untuk merasa”. Isitilah anetesi ini mulai diperkenalkan oleh filsuf Yunani yang bernama Dioscorides pada awal tahun masehi. Ia menggunakan istilah tersebut untuk mengungkapkan tentang suatu efek seperti zat narkotik dari tanaman mandragora. Kemudian pada tahun 1846, atau tepatnya pada tanggal 16 Oktober, seorang dokter gigi di Rumah Sakit Umum Massachusetts mencoba mendemostrasikan penggunaan eter sebagai anestesi dalam sebuah operasi, dan ternyata apa yang ia lakukan berhasil. Penggunaan eter sebagai anestesi mulai dikenal luas oleh dunia mulai hari itu. 
Selain dipelajari dalam ilmu kedokteran, anestesi dipelajari pula dalam obstetri dan ginekologi. Untuk obstetrei itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari khusus tentang bagaimana cara memperlakukan wanita dan bayi baik itu saat proses kehamilan, proses kelahiran, dan setelah kelahiran (puerperium). Sedangkan ginekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang penyakit-penyakit sistem reproduksi wanita (vagina, ovarium, dan juga rahim). Kedua ilmu ini merupakan cabang dari ilmu kedokteran yang khusus dan saling melengkapi. Pada saat ini, seorang ahli ginekologi (ginekolog) bisa saja merupakan ahli dalam bidang obstetrik. Anestesi juga dipelajari dalam ilmu kebidanan. Sementara itu, ilmu kebidanan sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang mempersiapkan proses kehamilan, proses persalinan, menyusui dan nifas, serta sistem reproduksi wanita. Demikian sedikit referensi ilmu anestesi secara umum.

Incoming search terms:

Komentar