Engineering

Prinsip Kerja Mesin Bensin 4 Langkah

By

on

Menurut saya motor bensin 4 langkah merupakan suatu mesin yang sangat menarik untuk dipelajari karen sekeliling lingkungan kita sebagian besar menggunakan mesin tersebut. Mesin tersebut ada di antara kita seperti Motor yang sering kita kendarai, mobil dan banyak lagi beberapa kendaraan menggunakan mesin dengan tenaga bensin bersistim 4 langkah. Untuk memahami apa itu mesin bensin 4 langkah tentunya kita harus tahu prinsip kerjanya agar lebih paham.

Penjelasan Lengkap Prinsip Kerja Motor Bensin 4 Langkah

Langkah adalah setiap gerakan torak dari bagian atas silinder atau TMA (titik mati atas) menuju TMB (titik mati bawah) atau sebaliknya dari TMB menuju TMA. Satu langkah torak sama dengan setengah putaran poros engkol. Motor 4 tak, untuk tiap siklusnya terdiri dari 4 langkah yaitu langkah hisap, kompresi, usaha dan buang. Poros engkol atau crankshaft berputar dua kali putaran penuh selama piston menyelesaikan 4 langkah tersebut.

  1. Langkah Hisap (Intake Stroke)
    Langkah pertama adalah penghisapan dimana bahan bakar dari karburator menuju lubang silinder, pada langkah ini torak bergerak dari TMA menju TMB dan pada saat yang bersamaan katup masuk (intake valve) terbuka dan katup buang (exhaust valve) menutup rapat. Pada langkah hisap ini masuklah kabut campuran bahan bakar dan udara melalui lubang masuk atau katup masuk ke dalam lubang silinder. Setelah proses pengisapan bahan bakar berakhir yang mana posisi torak berada pada TMB, katup masuknya menutup dan terperangkaplah kabut campuran bahan bakar dan udara tersebut di dalam silinder.
  2. Langkah Kompresi (Compression Stroke)
    Langkah kedua adalah langkah kompresi dimana torak bergerak dari TMB menuju TMA. Pada langkah ini kedua katupnya dalam keadaan menutup rapat sehingga dihasilkan kompresi mesin yang baik. Besar atau kecilnya tenaga yang dihasilkan oleh sebuah mesin tergantung pada baik atau buruknya hasil kompresi, serta banyak atau sedikitnya campuran bahan bakar dan udara yang dihisap pada langkah pertama. Sesaat sebelum torak mencapai TMA pada akhir langkah kompresi, busi memercikkan api sehingga terjadi pembakaran dan terbentuk gas panas bertekanan tinggi.
  3. Langkah Usaha (Power Stroke)
    Langkah ketiga adalah langkah kerja atau usaha, dimana torak bergerak dari TMA menuju TMB, disebut langkah kerja karena pada langkah ini dihasilkan tenaga guna menjalankan kendaraan. Pada saat melangsungkan langkah ini kedua katup masih tetep menutup rapat dan sesaat sebelum torak mencapai TMB, katup buangnya mulai terbuka.
  4. Langkah Buang (Exhaust Stroke)
    Langkah keempat adalah langkah buang, dimana torak bergerak dari TMB menuju TMA dan katup buangnya terbuka, sedangkan katup masuknya menutup rapat. Gerakan torak dari TMB menuju TMA bertujuan untuk mendorong gas sisa pembakaran menuju bagian knalpot.

Incoming search terms:

Komentar