Kebidanan

Prinsip Dasar Penanganan Kegawatdaruratan dalam Ilmu Kebidanan Yang Perlu Anda Ketahui

on

Bagi anda yang sedang belajar mengenai ilmu kebidanan atau anda yang berprofesi sebagi seorang bidan, anda pasti akan paham benar tentang prinsip dasar ilmu kebidanan. Secara harafiah, kebidanan merupakan bidang ilmu yang menangani kehamilan, mulai dari menolong proses persalinan, masa interval, menyusui dan nifas, kesuburan rahim, bayi dan janin, fungsi reproduksi dan masalah reproduksi perempuan lainnya. Selain itu, sebagai seorang bidan, anda juga harus mampu bertindak cepat dan tanggap ketika menangani pasien dalam kondisi darurat agar pasien dapat tertolong. Bagi anda yang masih awam dengan dunia kebidanan, mari bersama kita mengetahui tentang prinsip dasar penanganan kegawatdaruratan dalam ilmu kebidanan. Hal ini perlu anda ketahui agar anda tidak salah paham jika ada seorang bidan yang bertindak cepat saat proses persalinan atau hal lain. 
Seorang bidan harus mampu menangani masalah kegawatdaruratan yang terjadi pada pasiennya, kegawatdaruratan itu sendiri merupakan tindakan kepada semua pasien yang memerlukan perawatan cepat dan mendesak tanpa adanya perencanaan sebelumnya, hal ini dilakukan untuk menekan angka kematian pasien. Ada beberapa jenis kegawatdaruratan yang dihadapi oleh pasien hamil, salah satunya adalah kegawatdaruratan obstetric. Ini merupakan kelainan yang terjadi pada jamin berumus 8 Minggu yang bisa mengakibatkan kelainan pada kromosom dan pengaruh obat-obatan yang membahayakan janin. Untuk menanganinya, seorang bidan harus mampu mengambil tindakan kuretase, bila umur janin berusia 12 Minggu dan disertai dengan adanya pendarahan. Untuk melakukan kuretase, seorang bidan harus berhati-hati dan waspada karena janin atau plasenta menempel erat pada rahim. Untuk menghindari kehilangan banyak darah pada pasien, seorang bidan harus menambah cairan darah.  Hal tersebut merupakan prinsip dasar kegawatdaruratan dalam ilmu kebidanan yang pertama. 
Selain dari contoh diatas, ada beberapa hal yang juga harus dimiliki seorang bidan ketika menghadapi kegawatdaruratan pasien. Prinsip dasar penangannan kegwatdaruratan dalam ilmu kebidanan yang lain adalah kesiapan mental seorang bidan, bidan harus tahu bahwa pasien tidak bisa menunggu, setiap detik adalah nyawa pasien. Memiliki ketrampilan dan pengetahuan yang bagus mengenai ilmu kebidanan dan kehamilan secara teoritis dan praktis. Mampu bergerak cepat dan cermat dalam menangani berbagai masalah kehamilan dan persalinan, bahkan hingga hal yang mengancam jiwa pasien. 

Incoming search terms:

Komentar