News

Pesawat Baru Kepresidenan Republik Indonesia

By

on

Pesawat kepresidenan RI ini adalah pesawat kepresidenan, yang petama kalinya dimiliki oleh Indonesia, walaupun memliki banak pro dan kontra tetapi pada ahirnya pesawat ini tiba untuk pertama kalinya tiba di Base Operations (Base Ops) Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta timur. Pesawat kepresidenan Indonesia ini bertipe Boeing business jet 2 (BBJ2), walaupun banyak pihak yang menatakan kurang puasnya akan warna pesawat ini, kedatangan pesawat ini tetap membuat takjub para undangan yang hadir dalam acar penyambutan kepresidenan NKRI.

Pesawat kepresidenan Indonesia ini memiliki lebar sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter. Pesawat kepresidenan ini dilengkapi dengan 2 engine CFM 56-7, yang dirancang untuk memuat 4 VVIP class meeting room, 2 VVIP class state room, 12 executive area, dan 44 staff area. Interior pesawat dirancang untuk dapat mengakomodasi hingga 67 orang penumpang. Jumlah itu disebut cukup untuk sebuah rombongan presiden.

Selain memiliki interior yang mewah pesawat BBJ2 ini mampu terbang mencapai ketinggian max hingga 41.000 feet, dapat terbang terus menerus hingga 10 jam, memiliki kecepatan jelajah maksimum 0,785 mach dan kecepatan maksimum 0,85 mach, selain itu pesawat ini juga dilengkapi dengan perangkat keamanan serta tangki bahan bakar yang telah diberi tabahan muatan untuk daya jangkau sampai dengan 10.000 kilometer.

Maka dengan keampuan tersebut, pesawat ini memiliki daya untuk menjangkau seluruh pelosok Tanah Air dan tugas kepresidenan di negara sahabat . Pesawat seri 737-800 ini juga merupakan jenis yang sama yang digunakan maskapai penerbangan pelat merah, Garuda Indonesia.

Siste keamanan yang dimiliki oleh pesawat BBJ2 ini dilengkapi dengan pendeteksi rudal atau peluru kendali yang mendekat yang engancam keamanan pesawat. Dalam aspek security, jika ada ancaman peluru kendali pesawat ini memiliki sensor sehingga memberikan warning untuk langkah selanjutnya,” kata Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Pesawat ini memiliki segala kelebihan dibidang keamanan, kenyamanan serta meiliki daya tampung yang memadai untuk tugas kepresidenan Indonesia, mengingat segala kelebihan it memang memiliki harga yang sebanding pula yaitu memiliki harga total US$ 91 juta atau kurang lebih Rp 864 miliar.

Komentar