Engineering

Perhitungan Current Density Pada Proses Anodizing

By

on

Pengertian Current Density atau kerapatan arus yaitu arus yang mengalir per satuan luas permukaan. Maka dari itu, hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan Proses Anodizing yaitu dengan menghitung current density yang sesuai agar mendapatkan hasil proses anodizingnya yang baik.

Rumus untuk mencari current density yaitu :

Pergerakan muatan – muatan listrik sering disebut dengan arus  listrik, sebenarnya electron – elektronlah yang bergerak pada sebuah penghantar tetapi dalam prakteknya asumsi arus listrik yang digunakan adalah pergerakan muatan listrik dari kutub positif (+) ke kutub negative (-).

Tegangan listrik yaitu beda potensial antara kutub positif (+) dan kutub negative (-). Jika antara dua titik diberi tegangan atau dibuat beda potensial maka arus listrik akan mengalir dari yang memiliki potensial positif (+) kea rah yang lebih negative (-), Jadi intinya adalah arus listrik akan timbul jika ada tegangan listrik.

Terdapat dua jenis arus listrik dan tegangan listrik secara garis besar, yaitu arus / tegangan DC (Direct Current atau arus searah) dan arus / tegangan AC (Alternative Current atau arus bolak balik .

Arus DC mengalir dari kutub positif ke kutub negative secara kontinu (tetap) sedangkan arus AC mengalir secara bolak balik dari kutub posotif ke kutub negative maupun sebaliknya dengan frekuensi tertentu, sehingga pada tegangan AC tidak ada kutub positif maupun kutub negative karena polaritasnya terus berubah – ubah dalam frekuensi tertentu.

Daya dalam ilmu fisika adalah laju energy yang dihantarkan atau kerja yang dilakukan per satuan waktu. Satuan untuk arus listrik adalah Ampere, yang dapat diartikan bantaknya muatan (dq) yang mengalir per satuan waktu (dt).

Maka, arus 1 Ampere dapat diartikan juga dengan :

Hukum Ohm’s yaitu :    

V = i.R
W = P.t
W = V.i.t = i.R.i.t
                                               

Keterangan :

V  = Tegangan listrik atau beda potensial (Voltase)
R  = Hambatan (Ohm)
W = Energi atau usaha (Joule)
P  = Daya (Watt)
t   = Waktu (detik)
Sekian dulu penjelasan dari saya mengenai rumus mencari current density atau rapat arus pada proses anodizing, semoga postingan ini dapat membantu dan bermanfaat bagi para pembaca.

Incoming search terms:

Komentar