Engineering

Perbedaan Motor Sistem Injeksi dan Karburator Dari Segi Kelemahan dan Kelebihan

on

Perkembangan teknologi di bidang sepeda motor kini sudah mencapai pada perbedaan motor sistem injeksi dan karburator. Perbadaan ini sebenarnya hanya mengacu pada sistem penghisapan bensin menuju ruang bakar. Pada mesin motor dengan sistem karburator, karburator bekerja sebagai penyuplai bahan bakar sekaligus mengolahnya melalui piston dan silinder. Bahan bakar yang disuplai oleh karburator ini kelak akan di distribusikan dan di campurkan dengan udara menuju ruang pembakaran. Sementara mesin sepeda motor dengan sistem injeksi lebih menggunakan komponen – komponen elektronik dan sensor dalam proses penghisapan dan penyuplaian bahan bakar menuju ruang bakar.

Melihat perbedaan yang cukup jelas diatas, sudah barang tentu menunjukan bahwa motor dengan sistem injeksi lebih irit dan efisien dalam menjalankan tugasnya. Tapi bukan berarti tidak ada kekurangan dari sistem injeksi ini. Pertama, perawatan lebih mahal karena sepeda motor dengan sistem injeksi memerlukan lebih banyak komponen – komponen elektronik ketimbang sepeda motor dengan karburator. Kedua, selain harga yang mahal pada tiap komponen – komponennya, perawatan dan pemasangan atau perbaikannya juga rumit dan lebih kompleks.

Sementara kelebihan yang bisa ditawarkan oleh sepeda motor dengan karburator adalah servis yang lebih murah, komponen yang lebih mudah dicari dan di perbaiki, dan juga ongkos perawatan yang relatif lebih mudah untuk dilakukan oleh sendiri. Tapi jangan kira dengan kelebihan itu bisa dibilang sepeda motor dengan sistem injeksi lebih baik daripada sistem injeksi.

Terdapat pula kelemahan pada sepeda motor karburator yaitu, penyetelan A/F ratio hanya bisa dilakukan secara manual dan hanya bisa dilakukan satu kali. Seman tara penyetelan A/F ratio pada sistem injeksi dapat dilakukan dengan lebih mudah. Kemudian ada juga tambahan komponen pada karburator agar mesinnya lebih prima. Belum lagi dengan masalah bensin atau bahan bakar yang cenderung boros.

Jika dilihat dari segi hemat, jelas sepeda motor dengan sistem karburator jauh lebih murah dari pada sepeda motor dengan sistem injeksi. Hanya saja penggunaan dan pemasaran sepeda motor dengan sistem injeksi lebih mudah masih dan akrab dengan masyarakat. Sehingga sepeda motor dengan sistem injeksi lebih digandrungi oleh masyarakat.

Incoming search terms:

Komentar