Otomotif

Penjelasan Lengkap Tentang Perbedaan Mobil VVT-i dan EFI

on

Bagi anda yang masih awam dengan masalah otomotif, mungkin anda kerap mengalami kesulitan ketika memahami perbedaan mobil VVT-i dan EFI saat hendak membeli mobil. Masalahnya, ketika memilih kendaraan roda empat yang pas untuk digunakan sehari-hari anda tidak hanya harus memutuskan mengenai masalah selera gaya, desain, warna maupun harga namun juga harus mengerti mengenai jenis mobil tersebut. Nah, untuk mempermudah anda memahami perbedaan dari kedua jenis teknologi mobil tersebut anda harus memahami pengertian dari masing-masing jenis terlebih dahulu.

Untuk mengetahui perbedaan mobil VVT-i dan EFI, pertama-tama kita akan mengulas tentang mesin VVT-i. Teknologi mesin VVT-i yang merupakan singkatan dari Variable Valve Timing with Intelligence merupakan salah satu jenis inovasi mesin pada mobil yang telah banyak digunakan oleh manufaktur mobil asal Jepang, sejak diluncurkan ke publik pada tahun 1966.

Hingga saat ini, teknologi VVT-i masih menjadi salah satu pilihan populer bagi mobil keluarga maupun jenis city car. Hal tersebut dikarenakan beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh mesin VVT-i yakni kemampuannya dalam menghasilkan buangan bahan bakar yang cenderung ramah lingkungan, penggunaan bahan bakar yang lebih hemat dan juga menghasilkan tenaga yang lebih optimal. Tenaga yang optimal tersebut diakibatkan oleh proses pembakaran yang cenderung lebih efektif karena didukung oleh adanya sistem katup elektronik, sehingga tenaga yang dihasilkan lebih maksimal di setiap putaran mesin.

Cara kerja mesin VVT-i sebenarnya tidak terlalu rumit, teknologi ini sangat unggul dalam valve timing atau perhitungan waktu terbuka dan tertutupnya katup, kecepatan mesin, masuknya volume udara dan juga posisi dari akselerator dan temperatur air akan disesuaikan oleh ECU atau Electronic Control Unit. Respon koreksi yang bertujuan untuk mengoptimalkan target dari valve timing akan ditandai oleh sinyal yang diberikan oleh crankshaft atau crankshaft.

Sementara itu perbedaan mobil VVT-i dan EFI dapat dilihat dari fungsi dan cara kerja dari masing-masing teknologi mesin itu sendiri. Dalam mobil EFI atau Electronic Fuel Injection, sistem utama dari cara kerja injeksinya dibagi dalam tiga bagian dominan yakni sistem kontrol elektronik, sistem bahan bakar dan juga sistem induksi udara.

Sebenarnya kedua teknologi mesin mobil tersebut tidak banyak berbeda, dua-duanya sama-sama menggunakan sistem injeksi yang mengandalkan kontrol elektronik yang bertujuan untuk mengoptimalkan tenaga mesin yang dihasilkan. Hanya saja, VVT-i yang muncul belakangan setelah EFI banyak disebut-sebut sebagai penyempurnaan dari teknologi EFI itu sendiri. Hal tersebut dikarenakan masih terdapat kelemahan dalam teknologi EFI yang titik pembakarannya masih perlu pengaturan setiap beberapa waktu.

Perbedaan mobilĀ  VVT-i dan EFI yang paling mendasar pun dapat diketahui setelah melihat sistem kerja dari masing-masing mesin, yakni terletak pada teknologi valve timing yang dimiliki oleh VVT-i agar titik pembakaran tidak perlu lagi diatur secara manual.

Incoming search terms:

Komentar