Engineering

Perbedaan Listrik Statis Dan Kinetis Dalam Kehidupan Sehari-Hari

on

Perbedaan listrik statis dan kinetis. Listrik menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia secara sehari-hari. Kita bisa menjumpai dimana saja penggunaan listrik sebagai sumber energi. Namun tahukan anda bahwa secara umum listrik dibagi menjadi dua garis besar yaitu listrik statis dan listrik dinamis. Kedua jenis listrik tersebut merupakan energy yang bisa dihasilkan dari sumber listrik seperti matahari, air, angin bahkan minyak bumi serta batu bara.

Agar bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari listrik mengalami berbagai perubahan serta perpindahan. Perubahan energi listrik menjadi energi lain bisa dijumpai pada alat-alat listrik yang terhubung dengan rangkaian listrik. Marik kita bahas bersama apakah listrik statis dan dinamis itu.

Pasti anda pernah mengalami sebuah praktek dimana sebuah penggaris mika yang digesek-gesekan di rambut beberapa lama kemudian apa bila didekatkan ke kulit akan menarik bulu-bulu halus di kulit atau ketika anda membuka permen dan bungkus permen tersebut enggan lepas dari tangan anda seolah-olah seperti besi yang menempel pada medan magnet. Yah betul itulah peristiwa yang melibatkan listrik statis di kehidupan sehari-hari.

Hal itu dapat terjadi karena setiap benda sebenarnya memiliki ribuan muatan listrik. Muatan listrik sendiri ada dua yaitu muatan listrik positif atau proton dan muatan listrik negatif atau electron. Masing masing benda mempunyai kecenderungan menjadi bermuatan proton atau electron. Nah ketika penggaris digesek-gesekan ke rambut maka terjadi perpindahan electron ke penggaris sedangkan mutan dalam penggaris tersebut bersifat diam sehingga disebut listrik statis.

Sedangkan listrik kinetis atau dinamis mudah untuk diketahui dengan adanya baterai atau sumber listrik. Ketika sumber listrik terhubung antara kutub positif dan negatif maka arus listrik akan mengalir sehingga jika ada lampu didalam rangkaian listrik tersebut maka lampu akan menyala.

Itulah mengapa disebut sebagai listrik dinamis karena muatannya berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Listrik jenis inilah yang banyak dipakai sebagai sumber energi alat yang memudahkan kerja manusia. Listrik sebagai sumber energi harus digunakan secara bijaksana agar sumber energi dapat dipakai di kemudian hari.

Incoming search terms:

Komentar