Kehamilan

Perawatan Alami untuk Prolapse di Saat Hamil

on

Prolapse adalah sebuah kondisi dimana organ pinggul jatuh menurun ke bagian kelamin wanita, hal ini bisa terjadi jika otot-otot yang berfungsi menyangga pinggul mengalami pelemahan. Jika hal ini terjadi pada wanita, maka akan sangat berpengaruh sampai 50 % dalam kehidupanya. Kemungkinan terjadinya prolapse bisa saja disebabkan oleh faktor usia, menopouse adalah salah satu penyebab terjadinya prolapse. Tidak hanya faktor menopouse, ternyata resiko terkena prolapse juga bisa disebabkan oleh kehamilan dan juga melahirkan. Banyak wanita yang melakukan operasi untuk bisa pulih dari prolapse, namun sekarang ini juga semakin banyak wanita yang memilih menyembuhkan prolapse dengan cara-cara alami tanpa oprasi. Untuk metode penyembuhan dengan operasi terkadang justru memperburuk keadaan, atas alasan tersebut banyak wanita yang mulai berpindah ke perawatan alami untuk menyembuhkan prolapse. Berikut adalah perawatan alami yang bisa anda lakukan:

Senam Kegel
Senam kegel bertujuan untuk melatih otot bawah pinggul sehingga bisa memulihkan kekuatanya untuk bisa menyangga pinggul ke atas kembali. Senam yang satu ini tergolong sangat praktis, bisa anda lakukan sendiri di rumah, dan tentu saja aman meskipun anda sedang hamil. Caranya yaitu ketika anda buang air kecil, anda harus menahannya di tengah-tengah. Otot yang anda gunakan untuk menahannya yaitu otot bawah pinggul, dengan begitu otot anda akan terlatih mejadi lebih kuat. Dengan senam kegel ini anda bisa memperkuat otot-otot pinggul anda. Kemudian pastikan kandung kemih anda kosong dan anda bisa merebahkan badan. Kencangkan otot bawah pinggul anda selama 5 detik dan kemudian lepaskan selama 5 menit, ulangi sebanyak tiga kali kemudian bangun.


Spiral
Spiral untuk kelamin wanita adalah sebuah alat yang terbuat dari plastik, silikon, atau karet yang dimasukkan ke dalam kelamin wanita, biasanya berfungsi untuk mencegah kehamilan. Hubungannya dengan prolapse, biasanya wanita hamil yang terkena prolapse akan diberi spiral oleh dokter untuk dimasukkan ke dalam kelamin wanita, fungsinya yaitu untuk menyangga pinggul yang melorot ke kelamin wanita. Alat ini sangat aman untuk wanita hamil dan memang digunakan untuk membantu wanita hamil yang terkena prolapse.

Komentar