Cara Memperbaiki Mesin

Penyebab Motor Macet Setelah Dicuci dan Solusinya

on

Merawat kendaraan merupakan sebuah agenda rutin yang bisa dilakukan setiap hari, mingguan, bulanan atau bahkan tahunan. Kendaraan bermotor baik motor atau kendaraan roda dua dan mobil memiliki kecenderungan akan mengalami keausan dan kerusakan. Kejadian tersebut memang tidak bisa dihindarkan karena sifat mekanik logam yang merupakan bahan dasar sebuah motor atau mobil itu terwujud tidak dapat terbarukan sehingga akan mengalami aus dan rusak.

Namun kerusakan dan keausan dapat dicegah agar tidak terjadi secara cepat pada kendaraan dengan melakukan perawatan, bisa saja itu servis di bengkel atau servis ringan secara pribadi. Servis ringan sebenarnya adalah sebuah langkah kecil mengatasi kerusakan pada kendaraan yang dapat memberikan efek yang besar. Contoh saja dengan melakukan pelumasan pada rantai atau gir di kendaran bermotor tentu saja akan membuat kendaraan lebih nyaman digunakan. Rantai tidak akan cepat rusak Karen dilakukan pelumasan.

Selain hal itu juga masih ada langkah kecil lain yang sering dilakukan oleh setiap pengendara kendaraan yaitu adalah mencuci. Mencuci kendaraan bermotor saya yakini merupakan agenda rutin yang paling sering dijalankan atau dilakukan oleh pemilik kendaraan motor maupun mobil. Karena hal ini merupakan sebuah kebutuhan bagi pemilik kendaraan yang berkaitan dengan penampilan. Seseorang pasti merasa risih atau malu bertumu dengan temannya jika kendaraan bagus yang dimilikinya memiliki tampilan yang kotor dan tidak bersih. Oleh karena itu kebersihan kendaraan dengan cara mencuci merupakan sebuah perawatan kendaraan yang sangat sering dilakukan.

Terkadang seseorang yang sangat senang dengan penampilan bersih sebuah kendaraan juga memiliki beberapa masalah yang sering timbul yaitu justru kendaraan malah mengalami sebuah trouble setelah dicuci.

Motor macet setelah dicuci merupakan hal yang sering terjadi akibat perawatan dengan melakukan pencucian tapi tidak memperhatikan beberapa bagian penting motor yang seharusnya tidak boleh tersentuh air. Mungkin saja adanya kelalaian dari pemilik kendaraan merupakan hal sering terjadi dibandingkan orang yang tidak tahu. Tapi sebaiknya lupakan saja hal tersebut karena motor macet membutuhkan solusi agar bisa hidup kembali, tapi sebelumnya pahami dahulu peyebabnya apa.

Penyebab motor macet setelah dicuci yang paling sering ditemui adalah elektrik motor yang tersiram air (bisa busi atau sekring dan lainnya), karburator yang kemasukan air karena menyemprotkan air terlalu kencang saat mencuci. Untuk mengatasi hal tersebut juga merupakan langkah mudah yang dapat dilakukan sendiri dirumah. Beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan untuk memberikan solusi dalam mengatasi motor macet setelah dicuci adalah sebagai berikut berdasarkan bagian motornya :

1. Busi
Motor macet setelah dicuci bisa saja diakibatkan karena busi basah akibat penyemprotan atau penyimarana air yang secara sengaja atau tidak sengaja mengenai kepala busi sehingga mempengaruhi bagian dalamya. Oleh karena itu siapkanlah kunci busi dan amplas halus berserta lap untuk mengatasi maslah ini. a) Buka busi dengan kunci busi, lalu bersihkan dengan kain lap bagian yang basah dan tiup bagian-bagian basah yang tidak dapat dijangkau kain lap. (pakai kompresor atau pompa lebih baik) ; b) Ambil amplas untuk membersihkan kerak-kerak sisa pembakaran yang menempel di kepala busi, bersihkan perlahan dengan menggunakan amplas tersebut.; c) Pasang kembali dengan benar dan cobalah hidupkan kembali.

2. Karburator
Karburator yang kemasukan air juga merupakan salah satu penyebab motor macet setelah dicuci. Solusi untuk mengatasi masalah motor macet setelah dicuci ini sangatlah mudah, karena biasanya karburator kemasukan air. Karena sifat air memiliki masa jenis yang lebih besar daripada bensi maka air akan berada dibawah, oleh karena itu cukup dengan membuka lubang pembuangan yang ada dikarburator saja untuk membuang air yang mengendap di bawah.

Demikianlah langkah mudah cepat mengatasi masalah motor macet setelah dicuci, semoga dapat membantu anda memecahkan masalah.

Incoming search terms:

Komentar