Engineering

Penyebab Dan Solusi Mesin Mobil Susah Hidup

By

on

Ketika mobil tidak bisa di hidupkan atau susah dinyalakan itu adalah suatu persoalan sendiri untuk mobil baru dan mobil bekas, terlebih apabila yang memiliki mobil tidak mengetahui sama sekali tentang otomotif atau mesin mobil. Tetapi jangan samapai hal seperti itu terjadi pada anda. Apabila mobil anda sering susah di hidupkan atau dinyalakan, kami akan berikan tentang panduan cara memperbaiki mobil yang susah di hidupkan.

Cara Memperbaiki Mobil Yang Susah Di Hidupkan :

  • Yang pertama perlu anda ketahui yakni pada bagian system kelistrikan pada mobil, konvensionla atau mobil yang sudah menggunakanCDI. Apabila kendaraan anda sudah menggunakan system modern atau semua bagian sudah menggunakan system elektronik, maka lebih baik bawa mobil anda ke bengkel saja. Karena pada dasarnya kendaraan yang sudah mengguanakan serba elektronik itu membutuhkan tenaga pakar serta dengan menggunakan alat-alat special.
  • Pada mobil yang tidak bisa dinyalakan atau tidak bisa distarter itu pada umumnya disebabkan karena dua hal, yang pertama adalah aki yang kondisinya sudah tidak layak digunakan dan system kelistrkannya tidak kerja dengan bagus. Sedangkan yang kedua adalah supplay listrik pada bagian dinamo pada system pengapian konvensional. Platina arangkali sudah tidak bisa di gunakan lagi. Apabila pada mobil yang sudah menggunakan teknologi modern biasanya ada kerusakan pada bagian CDI. Apabila sudah terkena pada bagian CDI maka lebih baik bawa mobil anda kebengkel dan lakukan penggantian CDI atau perbaikan CDI apabila masih bisa digunakan kembali.
  • Anda bisa memeriksa keadaan aki paling akhir pada bagian indicator yang ada di permukaan atas dari aki. Pada bagian indicator itu anda bisa melihat keadaan aki apakah aki masih bagus atau sudah rusak, atau air akinya sudah habis. Apabila mobil masih terus tidak bisa dinyalakan itu bisa di sebabkan karena platina yang sudah rusak dan kondensornya. Permasalahan itu biasanya ada pada pla yang ada di platina. Apabila benjolannya sudah kusam itu berarti sudah tidak bisa menangkap percikan listrik. Cara memperbaikinya adalah gosok dengan menggunakan amplas untuk menghilangkan debu atau pun flek yang melekat. Lalu pasang lagi di posisi awal.
  • Lalu yang berikutnya periksa pada bagian boks serking (fuse boxes), amati sekring yang terpasang apakah keadannya masih tetap utuh atau tidak. Apabila kawat skring itu putus maka segeralah diganti dengan yang baru. Apabila anda dalam situasi yang darurat anda bisa menggunakan serabut kabel untuk di pasang sebentar di sekring itu, tetapi janganlah menggunakan serabut kawat itu secara permanen. Gantilah dengan sekrng yang baru di bengkel, Karen dengan menggunakan serabut kawat itu hanya untuk sementara saja.
  • Salah satu hal yang perlu anda perhatikan adalah suplay bahan bakar yang kurang pada system karburator, hal seperti itu biasanya akan mengakibatkan karburator menjadi kotor dan membuat mobil menjadi susah di hidupkan. Periksa pada saringannya, lalu lepaskan filternya dan bersihkan hingga bersih dengan menggunkan kuas atau sikat gigi.

Beberapa penyebab mesin mobil yang susah di hidupkan di atas adalah masalah yang sering muncul dan cara pengecekannya juga cukup mudah untuk dilakukan. Namun apabila dari beberapa cara di atas sudah dilakukan dan ternaya masih normal, maka cek pada bagian persedian bahan bakar mobil anda apakah bahan bakar mobil anda habis atau tidak. Dan perlu anda ketahua bahwa bahan bakar yang terlalu sedikit itu bisa mengakibatkan karburatorĀ  menjadi kotor dan mobil menjadi susah dinyalakan.

Incoming search terms:

Komentar