Kehamilan

Penyebab dan Bagaimana Mengatasi Rasa Mual

on

Merasakan mual saat masa kehamilan merupakan hal yang wajar. Mual merupakan salah satu tanda kehamilan yang paling banyak dialami semua wanita hamil. Hampir sekitar 70% wanita hamil pasti pernah merasakan gejala mual-mual. Biasanya gejala mual-mual terjadi pada pagi hari. Maka dari itu rasa mual tersebut sering juga disebut sebagai “morning sickness” bagi beberapa orang. Biasanya rasa mual tersebut akan terus muncul pada 3 bulan pertama kehamilan. Mual-mual biasanya terjadi pada minggu kedelapan hingga minggu kedua belas. Rasa mual tersebut akan hilang jika masa kehamilan sudah mencapai lebih dari minggu keenam belas. Namun durasi mual tersebut akan berbeda pada setiap wanita. Ada pula wanita yang tidak akan merasakan apa-apa pada saat kehamilan. Semua itu tergantung dari kesehatan wanita tersebut. Mual pada masa kehamilan tidaklah berbahaya. Namun hal tersebut bisa menjadi berbahaya jika anda mengalami dehidrasi. 
Beberapa Penyebab Mual Pada Saat Kehamilan
Ada beberapa teori yang menyebutkan tentang penyebab munculnya rasa mual pada saat kehamilan. Salah satu penyebabnya adalah hormon estrogen. Wanita hamil akan mendapatkan jumlah hormon estrogen yang sangat banyak. Jumlah hormon estrogen tersebut dapat meningkatkan asam lambung. Kondisi tersebut akan menyebabkan wanita hamil menjadi sakit kapanpun dia makan sesuatu. 
Kebanyakan wanita akan menolak makanan karena asam tersebut naik hingga ke pangkal tenggorokan dan menyebabkan lidah menjadi pahit. Penyebab lain yang menimbulkan rasa mual pada saat hamil adalah perkembangan plasenta. Plasenta bayi dapat mengeluarkan hormon Human Chrionic Gonodotropin, dan hormon tersebut akan terus meningkat seiring pertumbuhan plasenta. Hormon tersebutlah yang bisa menyebabkan rasa mual muncul, karena pertahanan tubuh san calon ibu menolak keberadaan hormon tersebut.
Beberapa Cara Mengatasi Mual
Beberapa wanita mungkin akan menolak untuk makan setiap kali rasa mual muncul. Padahal menolak makanan bukanlah solusi yang baik karena anda dan bayi sangat membutuhkan nutrisi yang cukup. Sebaiknya anda tetap mengkonsumsi makanan yang sehat dalam porsi sedikit. Makanan tersebut akan mengurangi jumlah asam lambung. Anda juga sebaiknya menghindari makanan atau minuman dingin jika ingin mengurangi rasa mual.

Incoming search terms:

Komentar