Mesin

Penjelasan Singkat Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya

on

Bagi Anda pecinta otomotif, mempelajari bagian-bagian mobil adalah hal yang menyenangkan. Mulai dari desain pada interior dan eksterior, hingga mesin mobil. Bahkan, mempelajari komponen mesin mobil dan fungsinya bisa menjadi kesukaan tersendiri bagi beberapa orang. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui tentang performa mobil melalui jenis mesin yang digunakan.
Ada banyak sekali komponen pada bagian mesin yang memiliki peran masing-masing agar mobil dapat berjalan. Selain mengetahui apa saja bagian-bagiannya, Anda tentunya juga perlu mengerti fungsi masing-masing komponen. Berikut ini penjelasan singkat untuk beberapa nama komponen mesin serta fungsinya. Dengan mempelajarinya, Anda bisa kurang lebih mengerti masalah pada mobil saat adanya kerusakan.

Penjelasan Singkat Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya

Komponen pertama adalah blok silinder. Bagian utama pada mesin mobil ini memiliki fungsi sebagai tempat pembakaran bahan bakar yang akan menghasilkan energi panas. Komponen ini juga terhubung dengan beberapa bagian lainnya yang dapat mendukung jalannya mesin.
 Gambar Blok Silinder Mobil

Selanjutnya ada torak atau piston. Komponen yang terdapat dalam silinder ini berguna untuk memindahkan energi panas ke poros engkol yang telah diubah menjadi tenaga saat proses pembakaran pada blok silinder. Energi tersebut dipindahkan melalui bagian batang torak. Oleh karena itu, penjelasan komponen mesin mobil dan fungsinya yang selanjutnya akan dibahas adalah bagian lain dari komponen torak seperti batang dan cincin torak.

Gambar Torak atau Piston
Batang torak, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, berfungsi sebagai jalannya energi hasil pembakaran dari piston menuju poros engkol. Lalu, Cincin torak memiliki peran penting untuk melindungi torak dari kebocoran gas yang berasal dari bahan bakar yang sedang dalam tahap kompresi. Fungsi lainnya masih untuk mencegah kebocoran.

Kali ini dari luar ke dalam seperti melindungi ruang proses pembakaran pada torak sehingga oli pelumas tidak masuk ke dalamnya. Selain itu, cincin torak juga membantu proses pemindahan panas yang dihasilkan piston untuk disalurkan ke dinding silinder. Dengan mempelajari komponen mesin mobil dan fungsinya seperti ini, Anda jadi bisa tahu bagaimana cara kerja mesin mobil.
Kemudian, masih banyak komponen lain yang akan dijelaskan. Selanjutnya ada poros engkol untuk menggerakkan roda yang energinya berasal dari gerakan torak yang naik turun dan diubah menjadi gerak berputar. Untuk mengurangi gesekan, poros engkol dilengkapi dengan bantalan yang juga berfungsi untuk mencegah terjadinya aus. Disamping itu, diperlukan juga oli pelumas untuk melancarkan proses pembakaran.
Gambar Poros Engkol
Gamba Carter Oli Mobil

Karter adalah salah satu komponen mesin yang digunakan untuk menampung oli tersebut. Sedangkan kepala silinder berfungsi sebagai tempat untuk menghubungkan beberapa komponen lainnya seperti busi, ruang bakar dan katup. Komponen ini letakknya di atas blok silinder yang juga berfungsi sebagai penutup. Itulah beberapa komponen mesin mobil dan fungsinya yang mungkin bisa memberikan informasi bermanfaat untuk Anda, khususnya para pecinta otomotif.

Incoming search terms:

Komentar