Engineering

Penjelasan Lengkap Tentang Prinsip Kerja Rem Tromol

on

Prinsip kerja rem tromol pada intinya adalah menggunakan gaya gesek dimana dua permukaan benda yang saling bergesekan akan saling meniadakan gaya satu dengan yang lainnya. Hasil akhir yang diharapkan dari penerapan gaya gesek yang saling meniadakan ini adalah hilangnya salah satu gaya yang kemudian berakibat salah satu komponen dari rem berhenti. Sebagaimana maksud dari adanya alat yang disebut rem ini adalah menghentikan laju kendaraan melalui berbagai macam sistem.

Setiap kendaraan pasti menggunakan rem, kecuali kendaraan yang memang didesain untuk keperluan tertentu misalkan sepeda BMX yang digunakan dalam freestyle. Ketiadaan rem dalam kendaraan ini memang disengaja sebagai cara untuk meminimalisir kerumitan tampilan serta fungsi dalam bermanuver.

Prinsip kerja rem tromol pada dasarnya sama dengan rem cakram yaitu dengan menggunakan media gesek untuk menghentikan laju kendaraan. Perbedaan antara kedua sistem pengereman ini terletak pada instrumen yang digunakan. Prinsip rem tromol juga muncul terlebih dahulu dibandingkan dengan rem cakram.

Dalam sistem pengereman tromol alat yang dibutuhkan lebih simpel dibandingkan dengan kebutuhan alat dalam rem cakram. Namun kemampuan rem cakram memang lebih mumpuni dibandingkan dengan rem tromol. Rem tromol terbagi dalam rangkaian berikut; tuas rem, media penghubung antara tuas dengan tromol kemudian tromol. Tuas rem dalam rem tromol bisa berupa tuas yang ditekan oleh tangan maupun berupa pedal yang ditekan oleh kaki. Media penghubung dalam rem tromol biasanya berupa kabel baja atau bisa juga batang baja.prinsip kerja rem tromol

Tromol biasanya menjadi satu dengan as roda. Tromol pada umumnya berupa drum atau silinder berongga. Dalam drum ini terdapat dua kampas yang berbentuk seperti sepatu separuh lingkaran, keberadaan dua kampas ini saling bertolak belakang dengan muka menghadap dinding dalam tromol.

Prinsip kerjanya ketika tuas rem ditekan maka gaya tekanan tersebut akan diteruskan oleh kabel maupun batang rem yang terhubung dengan tromol. Kabel ini kemudian menarik pengungkit dalam tromol yang menyebabkan muka kedua kampas bergersekan dengan dinding dalam drum tromol sehingga drum tromol dapat berhenti berputar.

Incoming search terms:

Komentar