Engineering

Penjelasan Lengkap Tentang Prinsip Kerja Kompresor Udara

on

Pada review pertama mengenai Pengertian Kompresor tentu saja sudah cukup menjelaskan dan memberikan pemahaman sepintas mengenai apa yang dimaksud dengan kompresor. Dengan memahami pengertian kompresor tersebut tentu saja dapat dibayangkan bagaimana sistem atau prinsip kerja sebuah kompresor yang pada intinya adalah mengumpulkan dan menahan fluida dalam sebuah tempat untuk mendapatkan tekanan.

Salah satu jenis kompresor yang sering dijumpai adalah jenis kompresor yang sering ada disuatu perbengkelan maupun di pinggir jalan, tempat orang yang menjual jasa tambal ban. Hal ini pasti sering dialami oleh pengguna kendaraan beroda dua maupun beroda empat.

Tidak lepas dari kejadian tersebut pasti juga tidak pernah terbayangkan bagaimana sebenarnya prinsip kerja dari sebuah kompresor tersebut. Setiap orang pasti hanya mengatahui sebuah logika yaitu jika roda kendaraan habis atau kempes maka diisi angin dengan menggunakan kompresor maupun pompa.

Melihat hal seperti itu sebaiknya perlu diketahui bahwa hal penting sederhana seperti itu ternyata memiliki sebuah prinsip yang sebainya diketahui untuk kalangan pelajar sehingga dapat membedakan logika umum dan pengertian berdasarkan sumber ilmiah seperti di media belajar sekolah maupun online seperti ini.

Prinsip kerja sebuah kompresor adalah dengan mengambil fluida bertekanan dan bersuhu ruang untuk kemudian dipaksa masuk dalam sebuah ruang atau tabung untuk mengurangi volume sehingga tekanan akan naik.

Selain itu beberapa kompresor seperti kompresor sentrifugal menggunakan dua langkah kompresi untuk menaikkan tekanan yaitu dengan menaikkan suhu fluidanya. Hal ini menjadikan udara atau fluida memiliki tekanan yang tinggi. Pada konsepnya hal tersebut adalah menaikan tekanan gas dengan kecepatan tekanan.

Prinsip Utama Kompresor Udara

Selain itu kompresor udara juga memiliki beberapa langkah prinsip kerja yang saling berkaitan dalam fungsinya. Prinsip utama kompresor udara terbagi menjadi empat prinsip utama yaitu seperti dijelaskan dalam website pendidikan undip.ac.id menyebutkan :

  1. Staging
    Selama proses kerja, suhu dari mesin kompresor menjadi tinggi sesuai dengan tekanan yang teradapat di dalam kompresor atau biasa dkenal sistem ini dengan nama polytopic compression.
  2. Intercooling
    Intercoling merupakan pengendali panas yang merupakan salah satu langkah penting dalam kompresi udara. Dalam kompresor ini tekanan udara memiliki tekanan lebih tinggi dibanding dengan suhu ruangan yaitu antara -12 deraja celsius sampai dengan -9 deraja celsius.
  3. Compressor Displacement and Volumetric Efficiency
    Hubungan antara volume udara yang masuk dan volume atau kapasitas udara yang dapat ditampung sebuah kompresor
  4. Specific Energy Consumption
    Hal ini menerangkan bahwa tenaga yang digunakan untuk melakukan sebuah kompresi dalam sebuah kapasitas kompresor.

Demikianlah sebuah penjelasan sebuah prinsik kerja kompresor. Hal ini merupakan sebuah sumber dan jadikanlah salah satu sumber literatur yang digunakan dengan mengkombinasikan semua litertur lain untuk mencapai sebuah realitas yang sesuai.

Incoming search terms:

Komentar