kesehatan

Pengobatan Kemoterapi Untuk Kanker Rahim

on

Pengobatan kemoterapi kanker rahim merupakan salah satu jenis pengobatan kanker rahim yang paling lazim dan umum untuk dilakukan sebagai proses lanjutan dari jenis pengobatan lainnya yaitu pembedahan. Kanker adalah suatu kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya sehingga sel tersebut mengalami pertumbuhan yang tidak normal atau abnormal secara cepat, dan tidak terkendali.

Kanker rahim adalah suatu kondisi dimana pertumbuhan sel pada jaringan rahim tidak normal dan menyebabkan tumbuhnya sel-sel baru dan dapat menyebabkan penyebaran yang semakin meluas disekitar rahim. Untuk pengobatannya sendiri, kanker rahim dilakukan berdasarkan beberapa faktor, yaitu stadium yang dialaminya, dan riwayat kesehatan yang dimiliki oleh penderita.

Kanker rahim merupakan suatu penyakit berbahaya yang setiap detik mengancam wanita di dunia. Kanker rahim yang dialami oleh wanita di dunia ada yang berujung pada kematian namun ada pula yang berujung pada kesembuhan. Pengobatan yang dilakukan ada beberapa jenis, yaitu proses pembedahan, radiasi, dan kemoterapi.

Proses pembedahan biasanya dilakukan dengan cara mengangkat rahim dan biasanya dilakukan untuk mengatasi kanker rahim pada tahap awal. Terapi radiasi dilakukan untuk membunuh sel-sel kanker yang diberikan melalui radiasi sinar eksternal atau internal dengan menempatkan alat yang diisi dengan bahan radioaktif didekat leher. Pengobatan kemoterapi kanker rahim yang digunakan adalah obat yang berfungsi untuk membunuh sel kanker.

Kemoterapi adalah pengobatan dengan memanfaatkan penggunaan obat-obatan untuk membunuh atau memperlambat pertumbuhan sel kanker. Obat yang digunakan pada proses kemoterapi disebut pula dengan sitotoktik yang artinya beracun ke sel. Namun banyak obat-obatan untuk kemoterapi yang diperoleh dari tanaman sebagian lagi diperoleh dari perkembangan di leboratorium.

Cara kerja dari pengobatan kemoterapi kanker rahim adalah sebagian besar obatnya mengalir memasuki aliran darah dan berjalan ke seluruh tubuh untuk mencapai sel-sel kanker rahim pada berbagai organ dan jaringan. Obat-obatan kemoterapi dapat membagi sel dengan cepat akan tetapi sel yang abnormal tidak dapat pulih dengan cepat sehingga perlu waktu yang lambat untuk memperbaiki sel-sel abnormal tersebut.

Komentar