kesehatan

Pengertian Rumah Sakit dan Peranannya

on

Pengertian Rumah Sakit – Rumah sakit adalah suatu badan usaha yang menyediakan dan memberikan jasa pelayanan medis jangka pendek dan jangka panjang yang terdiri atas tindakan observasi, diagnostik, terapeutik dan rehabilitative untuk orang-orang yang menderita sakit, terluka dan untuk yang melahirkan (World Health Organization).

Pengertian rumah sakit secara umum sudah banyak diketahui oleh setiap orang sebagai suatu tujuan dimana apabila seseorang mengalami gangguan kesehatan dan masalah kesehatan maka seseorang tersebut membutuhkan rumah sakit untuk membantu mengatasi masalah dan memberikan solusi atas permasalahannya tersebut.  Mungkin sudah tidak dapat di pungkiri bahwa insting manusia saat terluka atau sakit pasti akan menyebut rumah sakit sebagai tempat pertolongan pertama.

Fungsi rumah sakit sebenarnya telah banyak dipromosikan melalui media elektronik dan berita-berita karena penyelenggara utama kesehatan di seluruh dunia adalah sarana medis seperti rumah sakit umum dan lainnya, bahkan hal yang menyangkut tentang rumah sakit dan kesehatan masyarakat telah di tetepakan dalam undang-undang. Menurut Undang-Undang RI Nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit, rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat.

Tugas Rumah Sakit
rumah sakit mempunyai tugas memberikan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna.
Tujuan Rumah Sakit
Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Peran Rumah Sakit
Melaksanakan upaya kesehatan yang bersifat pendidikan / penyuluhan kesehatan, pencegahan, pengobatan, rehabilitasi / pemulihan.
Fungsi Rumah Sakit
Berdasarkan UU RI nomor 44 tahun 2009, rumah sakit mempunyai fungsi sebagai berikut:
  • Penyelenggaraan pelayanan pengobatan dan pemulihan kesehatan sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit.
  • Pemeliharaan dan peningkatan kesehatan perorangan melalui pelayanan kesehatan yang paripurna.
  • Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia dalam rangka peningkatan kemampuan dalam pemberian pelayanan kesehatan.
  • Penyelenggaraan penelitian dan pengembangan serta penapisan teknologi bidang kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan etika ilmu pengetahuan bidang kesehatan.
Apapun dan bagaimanapun, Rumah Sakit merupakan tempat yang tepat orang -orang yang mengalami gangguan kesehatan, baik jiwa, fisik dan lainnya. walaupun ada sistem perawatan rumah yang dilakukan oleh sebahagian orang, namun tetap saja tidak maksimal jika dibandingkan dengan sistem perawatan yang telah dilakukan di setiap Rumah Sakit.

Komentar