Bisnis

Pengertian Redenominasi Yang Perlu Dipahami

on

Pengertian redenominasi adalah penyederhanaan dari nilai mata uang menjadi lebih sedikit dengan tidak mengubah nilai tukarnya.  Misalnya saja untuk uang Rp 1.000,00, nantinya akan menjadi Rp 1, untuk uang Rp 10.000,00, nantinya akan menjadi Rp 10, dan seterusnya. Jadi, dihilangkan 3 angka nol yang paling belakang. Penyederhanaan tersebut juga dilakukan untuk harga-harga barang yang ada di masyarakat, sehingga daya beli dari masyarakat tidak berubah. 
Sering kali kebijakan tentang redenominasi ini dikaitkan dengan kebijakan sanering, namun sebenarnya kedua pengertian tersebut berbeda. Senering merupakan pemotongan daya beli dari masyarakat yang melalui pemotongan nilai mata uang. Pemotongan tidak dilakukan pada harga barang, sehingga daya beli masyarakat turun.
Kebijakan redenominasi mulai ramai di kalangan pemerintah sejak tahun 2013, namun ini masih menjadi pertimbangan juga bagi pemerintah. Apakah nantinya benar-benar akan dilaksanakan kebijakan tersebut atau tidak, tetapi Rancangan Undang-Undang tentang Redenominasi sudah masuk di DPR. 
Tujuan dari redenominasi rupiah sebenarnya adalah untuk memudahkan masyarakat melakukan transaksi keuangan. Dengan penyederhanaan rupiah tersebut, masyarakat juga akan lebih efisien dan nyaman menggunakan uangnya. 
Tujuan lain dengan terwujudnya redenominasi adalah mempersiapkan kesetaraan ekonomi Negara kita dengan Negara lainnya. Masyarakat di lingkungan kita saat ini sebagian besar belum mengetahui apa arti dari redenominasi. Masyarakat hanya mengetahui secara sederhana ada isu tentang uang rupiah yang mau digantikan.
Sosialisasi kepada masyarakat akan hal ini sangat diperlukan, agar nantinya apabila kebijakan redenominasi benar-benar akan diterapkan di Negara kita masyarakat sudah tidak kaget lagi dan mudah untuk menerima perubahan ini. 
Penyederhanaan rupiah ini sebenarnya tidak merugikan masyarakat juga, akan tetapi justru mempermudah masyarakat untuk melakukan transaksi keuangan. Kebijakan redenominasi ini idealnya dilaksanakan ketika kondisi perekonomian suatu Negara yang stabil dan baik serta menuju ke kondisi yang lebih sehat, namun untuk saat ini kita juga dapat melakukan penilaian bahwasanya kondisi perekonomian Indonesia belum stabil dan masih belum sehat. Oleh karena itu apabila kebijakan redenominasi dilakukan saat ini, maka tidak akan efektif.

Komentar