Engineering

Pengertian Pipa Paralon Beserta Keuntungannya

on

Pengertian Pipa Paralon yaitu jenis pipa yang terbuat dari bahan plastik, dan beberapa kombinasi vinyl lainnya. Pipa paralon juga dikenal dengan nama Polyvinyl chloride (PVC). Tidak heran jika pipa paralon memiliki umur yang lebih lama, serta tidak gampang rusak, seperti berkarat atau membusuk, serta tahan dari berbagai zat kimia. Maka tak mengherankan jika pipa paralon (PVC) di Indonesia paling sering digunakan dalam sistem irigasi/perairan dan sanitasi, juga ada yang menggunakannya sebagai  pelindung kabel listrik. Untuk standar ukuran di Indonesia, khususnya dalam system perairan rumah tangga atau pelindung kabel listrik adalah standart JIS (Japanese Industrial Standard). Berbeda dengan yang digunakan untuk PDAM, yang biasanya menggunakan standard Nasional SNI sebagai patokannya.
Di dunia, Pipa jenis ini memiliki urutan ketiga dalam jumlah pemakaian, dan 50% lebih pipa paralon dipakai dalam konstruksi, mengingat sifatnya yang tahan lama, keras, ringan, dan kuat. Selain tahan lama, penginstalan pipa PVC tergolong mudah, dibandingkan pipa besi yang mengharuskan pipa disolder, maka sangat tepat jika digunakan untuk kamar mandi, ledeng, zink dapur, dan lain sebagainya. 

Untuk pengunaannya, tiap ukuran pipa PVC akan berbeda- beda. Misalnya C 5/8, yang umumnya digunakan dalam perlindungan kabel listrik, dimana kabel dimasukan ke dalam pipa paralon. AW 1/2, ¾, yang digunakan dalam supply air. Ukuran yang lebih besar dipakai untuk debit air yang lebih besar juga. 
Sedangkan ukuran D 2 1/2, 3, 4, dipakai dalam air buangan di rumah-rumah. Sebagai catatan, penggunaan type D untuk mengantisipasi jika wc buntu dan perlu disedot, jika menggunakan type C ada kemungkinan pecah karena tidak kuat. Dan ukuran C 3, 4, digunakan dalam pembuangan air yang memiliki tekanan rendah
Jenis pipa paralon ini memiliki berbagai keuntungan, dibandingkan jenis pipa yang lain, seperti  penginstalan untuk penggunaan yang tergolong mudah, tahan terhadap berbagai macam bahan kimia, kuat dan tahan terhadap ancaman korosi, dan terakhir hampir bebas biaya dalam pemeliharaannya (virtually free maintenance). Selain itu, pipa PVC lebih ramah lingkungan karena dapat di daur ulang, ataupun bisa dibakar untuk menghasilkan energi.
16

Incoming search terms:

Komentar