Engineering

Pengertian pipa kapiler dan fungsinya

By

on

Pengertian pipa kapiler dan fungsinya – Pipa kapiler adalah pipa yang memiliki diameter paling kecil jika dibandingkan dengan pipa-pipa liannya. Pipa kapiler media yang digunakan untuk aliran refrigerant pada sistem pendingin sejenis freezer, kulkas dan lainnya.
Diameter pipa ini berkisar antara 0,8 mm – 2,0 mm dengan panjang kurang lebih 1 meter. Pipa dengan ukuran lubang sebatang jarum ini sering kali buntu dan rentan patah. Pipa kapiler berfungsi sebagai alat untuk menurunkan tekanan, merubah bentuk dari gas menjadi bentuk cairan, dan mengatur cairan refrigerant yang berasal dari pipa kondensor.
Sebelum gas refrigerant melewati pipa kapiler terlebih dahulu harus melalui alat yang sudah terpasang dari pabrikan mesin pendingin sebagai saringan gas (drien strainer). Kebuntuan yang terjadi karena partikel kotoran yang terbawa bersama refrigerant ( freon), kemudian pada kejadian yang alami kotoran berasal dari bubuk besi yang tercampur dengan oli pada pendingin mobil.
Pipa kapiler biasanya ditempatkan dengan cara digulung melingkar demi menghemat tempat dengan menggunakan mal kapasitor bekas agar tidak pipih.

Pada saat refrigerant dipompa, oli yang telah bercampur dengan kotoran ini ikut terbawa sirkulasi, bubuk besi dengan ukuran lebih besar akan terjaring oleh filter dryer sedangkan bubuk dengan ukuran kecil akan terus melewati pipa kapiler, evaporator dan kembali masuk kompresor. Proses ini terjadi berulang-ulang maka kotoran akan membentuk lapisan yang menempel pada dinding pipa kapiler dan akan mengalami kerusakan.

Hal ini menyebabkan sistem pendingiin kan mengalami penurunan kinerja, seperti berkurangnya dingin, getaran dan suara kompresor lebih keras.
cara yang paling ampuh adalah dengan membersihkan seluruh sistem yang terdiri dari kondensor, pipa kapiler, filter fryer, dan evaporator. Jika tidak bersih membersihkannya dalam waktu dekat sitem akan mengalami hal yang sama yaitu pipa kapiler buntu.

Incoming search terms:

Komentar