Engineering

Pengertian Pipa Galvanis dan Fungsinya

on

Sistem perpipaan yang saat ini semakin maju dengan berbagai variable pertimbangan yang menjadikan semakin banyaknya muncul berbagai macam jenis-jenis pipa yang dikeluarkan produsen pipa. Banyak kebutuhan akan pipa saat ini digunakan untuk mendistribusikan berbagai macam fluida cair maupun fluida solid. Beragam fluida cairlah yang menjadikan banykanya muncul bermacam-macam pipa karena fluida cair tersebut memiliki kemampuan yang menjadikan tidak semua pipa cocok untuk dialiri cairan fluida.
Fluida cair seperti minyak tentu saja memiliki tingkat korosif yang tinggi sehingga menyebabkan pipa mudah terkorosi dan membuat pipa tersebut bocor. Tentu saja hal ini menjadi salah satu varible penting yang menjadikan produsen pipa terus meningkatkan cara mengurangi korosi pada pipa yang diproduksinya dengan mencampurkan tambahan material seng/zinc (Zn) kedalam material pembuat pipa tersebut. Hal ini diharapkan mampu mengurangi tingkat korosi pada pipa sehingga menjadi lebih awet. Teknik penghindaran korosi dengan menggunakan zink tidak hanya dengan mencapurkan bahan tersebut namun bisa saja dilakukan dengan metode hotdipping atau metode galvanisasi.
Metode galvanisasi merupakan sebuah langkah pencegahan korosi dengan mencelupkan material kedalan material seng (Zn) yang sudah dicairkan. Teknik ini merupakan salah satu cara produksi material yang tahan terhadap korosi. Selain itu metode galvanis bisa juga menggunakan metode elektrokimi dan metode elektrodeposisi. Metode-metode tersebutlah yang memunculkan banyak produk pipa yang muncul berdasarkan teknik pembuatannya untuk mencegah korosi sehingga muncul lah pipa galvanis.
Pengertian pipa galvanis sendiri berdasarkan literatur di atas berarti sebuah pipa yang menggunakan material seng (Zn) sebagai bahan tambahan maupun sebagai pelapis pipa utamanya dengan menggunakan metode galvanisasi seperti dijelaksan di atas baik dengan menggunakan pencelupan panas atau elektrokimia dan lain sebagainya.
Melihat dari teknik tersebut tidak cukup sulit tentu saja menjadikan produk pipa galvanis ini muncuk pasaran dengan harga pipa galvanis yang lebih murah dan terjangkau sehingga banyak juga digunakan disistem perpipaan perumahan dan perhotelan. Selain itu aplikasi pipa ini banyak digunakan sebagai tiang listrik di jalan-jalan kota saat ini. Selain itu juga banyak digunakan untuk bahan bangunan seperti pembuatan pagar, pintu gerbang dan penguat kursi besi bahkan mobil-mobil baru saat ini juga banyak menggunakan pipa baja galvanis sebagai bagian dari rangka maupun bagian-bagian tertentunya seperti kenalpot.

Incoming search terms:

Komentar