pipa

Pengertian Pipa Distribusi dan Syarat Administrasi Pemasangannya Untuk Distribusi Air Bersih Perumahan

on

Menurut istilah dalam pendistribusian air bersih, pengertian pipa distribusi adalah pipa yang dipergunakan untuk mendistribusikan air bersih dari sumber mata air ke konsumen atau pelanggan. Pipa distribusi ini dipasang dengan tujuan agar masyarakat perumahan tidak kekurangan air disaat musim kemarau. Pada masyarakat pedesaan khususnya masyarakat desa tadah hujan, biasanya menggunakan sumur atau lubang pada tanah untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari – hari. Karena lokasi desa tadah hutan tersebut yang relatif dekat dengan sumber mata air. Tapi bagaimana dengan masyarakat perkotaan? Yang mayoritas hidup di perumahan? Yang pada posisinya jelas jauh dari sumber mata air? Maka dari itu pemasangan pipa distribusi ini diperlukan.
Pipa – pipa ini memang ditujukan untuk mengalirkan air ke perumahan dengan menyambungkannya pada pipa induk PDAM. Kemudian PDAM akan merencanakan jalur pemasangan pipa pada perumahan tersebut dari sumber mata air terdekat. Barulah setelah melihat kondisi lapangan, PDAM akan mengirimkan pekerja beserta dengan bahan baku untuk pembangunan pipa. Proses ini tentu harus dilaksanakan sesuai prosedur yang ada agar tidak terjadi kesalahan baik teknis atau human eror.
Sebelum pemasangan, kita sebagai konsumen akan diminta untuk mengajukan SP3D atau Surat Permohonan Pemasangan Pipa untuk PDAM, serta syarat administrasi yang ada. Adapun syarat distribusi yang harus diajukan adalah sebagai berikut. Pertama, mengirim surat pengajuan pembangunan dan pemasangan pipa distribusi kepada PDAM, hal ini bertujuan seperti yang telah dijelaskan diatas. Kedua, melampirkan fotokopi KTP pemohon. Ketiga, melampirkan denah perumahan yang akan dipasang pipa distribusi air bersih. Setelah ketiga syarat tadi dipenuhi dan diberikan kepada PDAM, baru setelah itu mereka akan mempelajarinya. Setelah itu kita harus menunggu sampai surat pengajuan kita di sepakati. Biasanya, konfirmasi terkait surat pengajuan akan diproses oleh pihak PDAM selama beberapa hari. Dalam perinciannya pihak PDAM juga memberikan total biaya pembangunan dan pemasangan. Kemudian dibayarkan kepada bendahara PDAM. Dengan demikian selesai sudah syarat pemasangan pipa distribusi air, tinggal menunggu proses pengerjaan dilakukan saja.

Incoming search terms:

Komentar