Engineering

Pengertian pipa dan pembagian jenis pipa

By

on

Pengertian pipa dan pembagian jenis pipa – Pipa adalah saluran tertutup sebagai sarana pengaliran atau transportasi fluida, sarana pengaliran atau transportasi energi dalam aliran. Pipa biasanya ditentukan berdasarkan ukuran nominalnya, sedangkan tube adalah merupakan salah satu jenis pipa yang ditetapkan berdasarkan diameter luarnya.

Dalam suatu perusahaan industri, pipa merupakan salah satu peralatan pokok diluar rangkaian proses yang dipergunakan untuk mengalirkan suatu fluida, yaitu berupa fluida cair dan fluida gas. Fluida yang mengalir ini memiliki temperatur dan tekanan yang berbeda-beda. Bentuk kontruksi pipa yang terdapat di suatu perusahaan industri dipengaruhi oleh jenis fluida yang akan dialirkan melalui pipa tersebut dengan mempertimbangkan pengaruh lingkungan yang ada.

Contoh pipa

Dalam rancangan bangun pipa perlu memperhatikan faktor-faktor berikut :

1.    Safety
2.    Kemudahan dalam operasi dan pemeliharaan
3.    Pengembangan dimasa mendatang.
Untuk menunjang kelancaran penyaluran fluida, memperkecil kehilangan fluida yang dialirkan, menghindarkan terhadap bahaya kebakaran dan untuk mempermudah pemeliharaan maka pada pipa dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang dengan jumlah dan dimensi tertentu.

Pembagian Jenis Pipa
1. Pipa sendiri memiliki beberapa bentuk atau jenis yang dapat diklasifikasikan dengan berdasarkan menurut zat yang disalurkan, yaitu:
a.    Pipa Air
b.    Pipa Minyak
c.    Pipa Gas
d.   Pipa Uap
e.    Pipa Udara
f.     Pipa Lumpur
g.    Pipa Drainase dan Sebagainya

2.    Beberapa Jenis Pipa Menurut Bahannya.
Menurut bahannya,Pipa dapat dikelompokan sebagai berikut :
a.    Pipa kayu
Merupakan jenis pipa tertua didunia, pipa kayu telah dikenal jauh sebelum masehi. Sampai kini pipa tersebut masih sering terlihat dipakai terutama untuk konstruksi tepat guna di pedesaan dimana penggunaan bahan lainnya belum memungkinkan.
b.    Pipa besi Cor
Pipa besi cor mulai dikembangkan menggantikan pipa kayu menjelang tahun-tahun hitungan masehi. Sesuai dengan namanya pipa besi cor terbuat dari besi cor dengan kandungan Fe (ferro) dan C (carbon) yang domain.    
c.    Pipa Logam Non Ferro
Yang dimaksud dengan non ferro adalah paduan logam yang tidak mempunyai paduan besi (ferro). Contoh jenis paduan ini antara lain paduan tembaga, paduan alumunium, paduan magnesium, paduan titanium dan sebagainya.
d.   Pipa Baja.
Pipa baja merupakan paduan Fe dengan unsur-unsur lain seperti Karbon, Magnesium dan sebagainya. Dapat diperlakukan panas dan dibentuk dengan berbagai cara untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, Pipa Baja dikelompokan menjadi :
            Pipa baja karbon (carbon steel pipe)
            Pipa baja tahan karat (stainlees steel pipe)
3.   Pembagian pipa sesuai dengan penggunaanya:
a.    Pipa Gelas.
Pipa gelas dipergunakan untuk tujuan khusus misalnya ketahanan kimianya, kebersihannya, dan tembus pandangnya. Sifat gelas sangat tidak tahan terhadap tegangan mekanik, tegangan termal, dan benturan.
b.    Pipa Plastik.
Pipa plastik sering digunakan untuk mengalirkan fluida korosi aktif, khususnya untuk gas-gas korosif, gas-gas berbahaya, dan asam mineral lemah. Pipa plastik dipakai dalam bentuk :
       Pipa plastik utuh seperti PVC dan sebagainya.
       Pipa plastik diperkuat seperti glass fiber reinforced carbon filled dan sebagainya.
       Pipa dilapis plastik, seperti pipa baja tapi dilapisi plastik.
c.    Pipa Karet.
Pipa karet selain sering digunakan untuk tujuan seperti pada pipa plastik juga terutama digunakan sebagai pipa fleksibel. Sifat karet yang elastis sangat menentukan pipa karet saluran elastis. Juga seperti halnya plastik, karet dapat dipakai sebagai bahan pelapis pipa baja, teruatama diperlukan untuk melapisi pipa agar tahan korosi, pipa karet tingkat elastisitasnya sangat baik.
d.   Pipa Beton.
Pipa beton biasanya dipergunakan untuk saluran buangan (drainase). Pipa beton ini terbuat dari campuran semen, pasir dan kerikil halus dengan perbandingan tertentu dan dicetak secara statis. Pipa beton kebanyakan dipergunakan untuk mengalirkan air bersih, air pengairan atau instalasi pembangkit tenaga dalam terowongan-terowonggan air.

Demikian informasi dari saya mengenai pengertian pipa dan oembagian jenis pipa. semoga bermanfaat. terima kasih  

Incoming search terms:

Komentar