Engineering

Pengertian Pipa Baja dan Sejarahnya

on

Pipa merupakan salah satu kebutuhan manusia yang digunakan untuk mendistribusikan aliran fluida dari dari suatu tempat ke tempat yang lain. Berbagai jenis pipa saat ini sudah beredar di pasarana dengan berbagai merek dan jenis. Salah satunya adalah jenis pipa baja yang saat ini juga menjadi bisnis yang cukup bersaing dalam perusahaan perbajaan.
Pengertian pipa sendiri sebenarnya adalah suatu benda yang memiliki rongga atau ruangan tertutup dengan kedua lubang pada ujungnya untuk memindahkan zat fluida baik fluida cair dan fluida gas ke tempat lain, biasanya berbentuk silindris. Pada awalnya pipa ini ditemukan karena sulitnya memindahkan air dari tempat yang jauh dengan wadah yang distribusinya harus di angkut tiap galonnya, oleh karena itu ditemukan pipa yang lebih mudah untuk mengalirkan air tersebut ke pemukiman dari tempat yang jauh.
Sejarah pipa pun sangat menarik, dimula dari peradaban di Mesir dan Aztec yang membuat pipa dari bahan lempung yang dibentuk silindris dan dibakar. Karena cara tersebut masih kurang efektif maka muncul lah penemuan lain yaitu dengan bahan material logam yang pertama kali dibuat oleh bangsa Yunani dan Romawi yang terbuat dari material logam perunggu. Barulah kemudian ditemukan pipa dengan material besi setelah adanya penemuan sejata api yang pada saat itu menggunakan serbuk senjata untuk meledakkannya. Sehingga dibutuhkan jenis material yang lebih kuat untuk menahan tekanan dan melewati peluru.
Dari saat itulah berbagai penemuan material pipa menjadi sangat beragam, ada yang menggunakan pipa dengan bahan komposi atau campuran, pipa aluminium, pipa baja, pipa karbon, pipa PVC, pipa plastik dan jenis pipa-pipa lainnya yang saat ini lebih dikenal kualitasnya dengan berbagai ragam merek seperti pipa PVC, pipa HDPE.
Pengertian pipa baja berdasarkan literatur yang ada di atas adalah silinder terbuat dari material baja yang digunakan untuk mendistribusikan atau mengalirkan fluida dari suatu tempat ke tempat yang lain. Biasanya pipa baja ini digunakan untuk mengalirkan jenis fluida dengan tekanan tinggi seperti minyak dan gas. Oleh karena itu dibutuhkan material yang kuat dan tahan korosi sehingga pada aplikasinya material pipa ini banyak di campur atau di lapisi dengan material aluminium untuk mencegah korosi.

Incoming search terms:

Komentar